Skorsing Alberto Puello Diperpanjang, Juara WBA dalam Masa Reses

Kamis, 18 Mei 2023 - 15:15 WIB
loading...
Skorsing Alberto Puello Diperpanjang, Juara WBA dalam Masa Reses
Skorsing Alberto Puello Diperpanjang, Juara WBA dalam Masa Reses/ShowTime
A A A
Skorsing sementara Alberto Puello diperpanjang oleh Komisi Nevada tapi statusnya tetap menjadi juara WBA dalam masa reses. Alberto Puello akan tetap tanpa gelar atau pertarungan setidaknya selama satu bulan lagi.

Panel Komisi Atletik Negara Bagian Nevada yang beranggotakan lima orang dengan suara bulat memutuskan memperpanjang skorsing sementara petinju tak terkalahkan asal Dominika itu dalam sidang agenda bulanan yang diadakan Rabu di markas besar negara bagian tersebut di Las Vegas, Amerika Serikat. Puello sebelumnya ditempatkan di bawah skorsing setelah tes obat positif untuk zat terlarang Clomiphene dari sampel yang dikumpulkan oleh Voluntary Anti-Doping Association (VADA) pada tanggal 5 April dan ditemukan pada tanggal 19 April.



Komisi memutuskan untuk menunda masalah ini hingga sidang agenda bulanan berikutnya pada tanggal yang belum dijadwalkan di bulan Juni. Hasil tes tersebut membuat Puello (21-0, 10KO) dibatalkan dari laga utama yang dijadwalkan pada tanggal 13 Mei melawan Rolando Romero (15-1, 13KO).

Ia seharusnya mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan super (welter junior) WBA untuk pertama kalinya, yang telah dicabut dari tangannya saat ia diturunkan menjadi juara dalam masa reses. Romero kemudian memenangkan gelar yang lowong itu melalui penghentian kontroversial pada ronde kesembilan atas penantang wajib, Ismael Barroso (24-4-2, 22KO), yang menggantikan Puello di puncak tiga pertandingan yang ditayangkan di Showtime akhir pekan lalu.

Puello dan timnya telah mengakui hasil tes narkoba pada tanggal 5 April dan tetap patuh dalam penyelidikan yang sedang berlangsung. Ia segera memberikan alibi atas zat yang ditemukan dalam tubuhnya, karena ia dan istrinya kini sedang mengandung. "Kami telah mengirimkan bukti-bukti tersebut kepada pihak yang berwenang," ujar Belgica Peña, promotor Puello, kepada Boxing Scene. "Kami memiliki bukti kunjungan dokter, rawat inap di rumah sakit dan kehamilan istrinya."

Sidang yang diperpanjang ini akan membuat Puello tidak dapat naik ring, meskipun penundaan ini terjadi karena status gelar lamanya sedang berantakan. Romero menyerukan pertarungan super dengan Ryan Garcia (23-1, 19KO) dan bintang box-office yang tak terkalahkan dan peserta pound-for-pound Gervonta Davis (29-0, 27KO), yang memberikan kekalahan pertama bagi kedua petarung. Davis mencetak KO pada ronde keenam atas Romero dari Las Vegas, 28 Mei lalu di Brooklyn, New York, lalu dua kali menjatuhkan Garcia sebelum meraih kemenangan KO pada ronde ketujuh dalam ajang blockbuster Showtime Pay-Per-View di Las Vegas, 22 April lalu.



Romero diizinkan untuk menantang gelar Puello meskipun ia baru saja mengalami kekalahan KO dan sebagai petinju kelas ringan. Dia ditempatkan di peringkat 15 besar WBA di kelas welter junior dan disetujui sebagai penantang untuk melakukan pembelaan secara sukarela selama konvensi tahunan WBA Desember lalu di Orlando, Florida.

Pemenangnya akan menghadapi Barroso, namun pencabutan Puello dari pertarungan tersebut mempercepat prosesnya. Berdasarkan keputusan WBA, Romero selanjutnya akan menghadapi petinju Inggris, Ohara Davies.

Puello akan tetap memenuhi syarat untuk memperebutkan gelar lamanya hanya jika ia benar-benar dinyatakan bersih oleh komisi Nevada. Karena itu perlu untuk memperpanjang investigasi untuk memastikan semua fakta ditinjau secara menyeluruh sebelum panel yang beranggotakan lima orang memberikan keputusannya.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)