Rebut Emas SEA Games 2023, Menpora Minta Liga Basket Putri Indonesia Kembali Digelar

Jum'at, 19 Mei 2023 - 18:02 WIB
loading...
Rebut Emas SEA Games 2023, Menpora Minta Liga Basket Putri Indonesia Kembali Digelar
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo ingin Liga Basket Putri Indonesia kembali bergulir/Foto/Perbasi
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo ingin Liga Basket Putri Indonesia kembali bergulir. Keberhasilan meraih medali emas SEA Games 2023 membuktikan adanya pemain-pemain potensial basket putri Indonesia.

Timnas Basket Putri berhasil mencetak sejarah di SEA Games 2023, setelah meraih medali emas. Pasalnya presentasi tersebut menjadi kali pertama Timnas Putri Indonesia keluar sebagai yang terbaik di pesta olahraga negara Asia Tenggara.



Sebelum meraih medali emas, Timnas Basket Putri Indonesia pernah mendapatkan medali tiga medali perak. hal tersebut didapatkan saat SEA Games 1991, 2015 dan 2021.

Sementara Dito Ariotedjo mengaku senang penantian 64 tahun Timnas Basket Putri Indonesia mendapatkan medali emas SEA Games terpecahkan. Meski tanpa adanya Liga Basket Putri Indonesia saat ini, tapi bisa mendapatkan medali emas. Dia menambahkan, jika ada liga maka bakal banyak pemain-pemain baru yang akan dibina dan membawa Timnas basket Putri Indonesia meraih prestasi lebih baik.



"Kita sangat bahagia, juga bangga makanya kita mengapresiasi dan juga menyoroti rekor ini. Jika sepak bola menghapus puasa 32 tahun, ini (basket putri) 64 tahun," kata Dito Ariotedjo di Spark Senayan, Jumat (19/5/2023).

"Bayangkan putri ini di Indonesia belum ada liga profesionalnya yang berjenjang, tapi mereka bisa mencetak emas dan bayangkan nantinya jika liga sudah ada lagi pasti lebih banyak lagi bibit dan pembinaan di basket," kata Dito Ariotedjo di Spark Senayan, Jumat (19/5/2023).

Di sisi lain, Dito Ariotedjo sudah meminta tentang adanya Liga Basket Putri Indonesia dan tak masalah meski tak sebesar Indonesia Basketball League (IBL). Menurutnya medali emas SEA Games 2023 menjadi momentum untuk hadirnya Liga basket Putri Indonesia kembali karena adanya pemain-pemain muda potensial.

"Kita pastinya sudah meminta adanya liga putri engga apa-apa dibikin kecil dulu yang penting liganya sudah mulai. Makanya momentum mendapatkan emas berarti bibitnya ada potensinya ada, jadi menurut saya (liga) harus dilakukan," pungkasnya.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)