Liga 1 Musim Depan Bakal Gunakan VAR, Klub Diminta Perhatikan 3 Aspek Ini

Minggu, 21 Mei 2023 - 21:30 WIB
loading...
Liga 1 Musim Depan Bakal Gunakan VAR, Klub Diminta Perhatikan 3 Aspek Ini
Kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2023/2024 bakal menggunakan Video Assistant Referee (VAR) / Foto: FIFA
A A A
Kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2023/2024 bakal menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Pihak operator liga yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) meminta kepada para klub untuk memenuhi tiga aspek, salah satunya adalah menaikan kekuatan pencahayaan stadion.

Seluruh tim kontestan Liga 1 tampaknya akan tersenyum karena akan ada inovasi yang bakal diaplikasikan pada musim depan. Inovasi tersebut adalah penggunaan VAR.

Untuk memperlancar semua itu, PT LIB telah membentuk departemen VAR yang telah bekerja dalam langkah awal proses implementasi penerapan VAR sesuai standar FIFA. Diketahui, VAR baru akan diterapkan pada putaran kedua Liga 1 2023/2024 atau tepatnya pada awal tahun 2024.



Namun, untuk mewujudkan pengaplikasian VAR di setiap stadion, tentu saja tak akan luput dari kerja sama masing-masing klub. PT LIB meminta dukungan kepada klub kontestan Liga 1 untuk memenuhi tiga hal.

Adapun tiga hal tersebut yakni mulai dari penambahan kekuatan pencahayaan di setiap stadion, hingga LED board dalam implementasi komersial di perimeter stadion. "Ada tiga area yang menjadi permintaan LIB kepada para klub. Pertama, menaikan kekuatan pencahayaan stadion menjadi minimal 1200 Lux," bunyi keterangan dalam laman resmi Persija, Minggu (21/5/2023).

"Kedua, secara progresif mulai memperbaharui teknologi pencahayaan dengan penggunaan lampu jenis LED. Ketiga, menggunakan LED board dalam implementasi komersial di perimeter stadion," sambung pernyataan tersebut.



Tentu saja masing-masing klub Liga 1 harus bisa mewujudkan ketiga aspek tersebut. Hal ini dilakukan agar VAR dapat bekerja secara maksimal, sehingga tidak adanya kecacatan yang terjadi saat diimplementasikan nantinya.

Kemudian juga diharapkan dengan adanya penggunaan VAR bisa membuat Liga 1 Indonesia semakin maju dan bersaing dengan liga-liga terbaik di Asia. Adapun kompetisi Liga 1 musim depan dijadwalkan berlangsung pada 1 Juli 2023 hingga 25 Mei 2024, di mana akan ada 314 pertandingan yang bergulir.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)