Profil Rahmat Erwin, Lifter Berkelas Dunia Anak Pegawai Pos Indonesia

Jum'at, 26 Mei 2023 - 10:59 WIB
loading...
Profil Rahmat Erwin, Lifter Berkelas Dunia Anak Pegawai Pos Indonesia
Lifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menunjukkan medali emas yang berhasil diraihnya dari kelas 81 kg putra SEA Games 2023. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
A A A
MAKASSAR - Atlet angkat besi Indonesia Rahmat Erwin Abdullah tampil memukau di SEA Games 2023 . Rahmat memberikan penampilan yang luar biasa di kelas 81kg putra cabang olahraga angkat besi dengan meraih medali emas sekaligus memecahkan tiga rekor, yaitu snatch, clean and jerk, dan total angkatan di nomor 81kg.

Ibarat pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, pria yang lahir pada tanggal 13 Oktober 2000 ini memiliki latar belakang keluarga atlet angkat besi. Kedua orang tuanya, Erwin Abdullah dan Ami Asun Budiono, telah berprestasi di cabang olahraga angkat besi.



Erwin Abdullah pernah tampil di Kejuaraan Angkat Besi Asia di Busan, Korea Selatan, pada tahun 1995 dan berhasil meraih medali perak. Erwin juga berkompetisi di Kejuaraan Dunia IWF di Istanbul, Turki, pada tahun 1994 dan meraih medali perunggu. Sementara itu, Ami Asun Budiono berhasil meraih medali emas angkat besi pada Pesta Olahraga Asia Tenggara di Chiang Mai, Thailand, pada tahun 1995, dan di Jakarta, Indonesia, pada tahun 1997.

Dengan memiliki orang tua yang berprestasi di cabang angkat besi, Rahmat termotivasi untuk mengikuti jejak mereka. Ia mulai berlatih angkat besi sejak duduk di kelas 1 sekolah dasar dengan bimbingan langsung dari Erwin Abdullah.

Erwin Abdullah, yang saat ini bekerja sebagai pegawai Pos Indonesia di Kantor Pos Makassar, telah menanamkan kedisiplinan dan ketekunan pada Rahmat.

Berkat kedisiplinan dalam berlatih dan dukungan penuh kedua orang tuanya, Rahmat mencapai prestasi gemilang. Sebelum meraih kesuksesan di SEA Games 2023, ia telah memperoleh medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Rahmat juga menjadi Juara Dunia pada tahun 2021 dan 2022 di kategori Men 73 kg. Pada tanggal 10 Desember 2022, ia memecahkan rekor dunia Clean & Jerk dengan angkatan 200 kg.

Dalam pengakuan atas prestasinya dan kerja kerasnya pada usia muda, Rahmat diangkat sebagai Brand Ambassador Pospay oleh Pos Indonesia.

Profil Rahmat Erwin

Profil Rahmat Erwin, Lifter Berkelas Dunia Anak Pegawai Pos Indonesia

Sebelum itu, Rahmat Erwin juga menyabet emas di SEA Games 2019 (Filipina) dan SEA Games 2021 (Vietnam). Dia juga pernah menorehkan prestasi tinggi di Asian Junior Championship 2019 di Pyongyang, Korea Utara.

Di ajang yang sama setahun kemudian di Tashkent, Uzbekistan, Rahmat Erwin juga bisa mempertahankan prestasi yang sama.

Saat Eko Yuli Irawan sudah memasuki akhir masa karier sebagai lifter berusia kepala tiga, Rahmat muncul sebagai angin segar untuk meneruskan prestasi cabor angkat besi.

Bersama Windy Cantika Aisah, juga peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin akan menjadi atlet yang ideal untuk mendapatkan tongkat estafet dari Eko Yuli.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)