Lewis Hamilton Puji Keberanian Vinicius Melawan Rasisme di Liga Spanyol

Minggu, 28 Mei 2023 - 20:00 WIB
loading...
Lewis Hamilton Puji Keberanian Vinicius Melawan Rasisme di Liga Spanyol
Lewis Hamilton Puji Keberanian Vinicius Melawan Rasisme di Liga Spanyol. Foto: Sky Sports
A A A
LONDON - Juara dunia Formula 1 tujuh kali, Lewis Hamilton , memberikan pujian kepada Vinicius Junior atas sikapnya menghadapi pelecehan rasial yang dialaminya di Spanyol sebagai striker Real Madrid.

Dalam laporan dari AFP pada Jumat, Hamilton menyatakan bahwa pernyataan pemain internasional Brasil tersebut mengenai rasisme dalam sepak bola Spanyol adalah tindakan yang berani. Hamilton menggambarkan pelecehan yang dialami Vinicius sebagai "pengalaman yang menghancurkan" dan mengingatkannya pada pengalamannya sendiri.



Vinicius, yang telah mengalami pelecehan sejak bergabung dengan Real Madrid pada tahun 2018, menjadi sasaran nyanyian dan gerakan tubuh yang bersifat rasis saat Real Madrid kalah 1-0 di Valencia akhir pekan lalu.

Lebih lanjut, Vinicius menyatakan bahwa La Liga "adalah milik para rasis" dan mengkritik liga tersebut atas kurangnya tindakan setelah dia mengalami pelecehan secara rasial beberapa kali selama dua musim terakhir.

"Benar-benar menyedihkan bahwa pada tahun 2023 kita masih melihat dan mendengar hal-hal seperti ini," ujar Hamilton.

"Ini benar-benar mengingatkan saya pada sesuatu. Hal itu benar-benar memicu emosi, mengingat pengalaman-pengalaman yang saya alami, baik di Inggris, Italia, Prancis, atau Spanyol. Hal-hal yang dikatakan orang bisa sangat menyakitkan. Menurut saya, Vinicius sangat berani dalam menghadapinya," tambah pebalap Mercedes tersebut.

Pada hari Kamis (25/5), empat pria yang diduga terlibat dalam menggantung boneka yang menyerupai Vinicius dari sebuah jembatan pada bulan Januari dilarang masuk ke stadion di Spanyol.

Boneka berkulit gelap digantung dengan tali di leher boneka tersebut dari sebuah jembatan dekat tempat latihan Real Madrid beberapa jam sebelum pertandingan derby melawan Atletico Madrid pada tanggal 26 Januari.

Di sisi lain, Dewan Olahraga Spanyol (CSD), Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF), dan LaLiga telah bersatu dalam kampanye melawan rasisme. Ketiga lembaga tersebut bertujuan untuk secara bulat menunjukkan penolakan yang mutlak dan tegas terhadap perilaku rasial apa pun.

Tindakan ini dilakukan setelah LaLiga sebelumnya mengumumkan bahwa mereka akan memperkuat sanksi guna menjadi lebih efektif dalam memerangi kekerasan, rasisme, xenofobia, dan intoleransi dalam olahraga.

LaLiga telah memimpin dalam mengidentifikasi dan melaporkan perilaku semacam itu di stadion sepak bola selama beberapa tahun terakhir, tetapi merasa tidak memiliki kekuatan ketika melihat bagaimana pelaporan mereka ditindaklanjuti.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5913 seconds (0.1#10.140)