Venue FIFA Matchday Timnas Indonesia: Perbandingan Stadion Gelora Bung Tomo dan Gelora Bung Karno

Sabtu, 27 Mei 2023 - 05:05 WIB
loading...
Venue FIFA Matchday Timnas Indonesia: Perbandingan Stadion Gelora Bung Tomo dan Gelora Bung Karno
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora Bung Karno (GBK) masuk daftar stadion terbaik yang dimiliki Indonesia/Foto/dok/Antara
A A A
JAKARTA - Perbandingan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora Bung Karno (GBK) akan dibahas di artikel ini. Keduanya masuk daftar stadion terbaik yang dimiliki Indonesia sampai sekarang.

Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora Bung Karno (GBK) rencananya akan menjadi venue pertandingan timnas Indonesia pada agenda FIFA Matchday Juni 2023.



Timnas Garuda akan menjamu Palestina lebih dulu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur pada 14 Juni 2023.

Setelah itu, pasukan Shin Tae-yong terbang ke Jakarta untuk pertandingan melawan juara dunia 2022 Argentina di Gelora Bung Karno pada 19 Juni 2023

Perbandingan Stadion Gelora Bung Tomo dan Gelora Bung Karno (H2)

1. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)

Gelora Bung Tomo (GBT) merupakan stadion yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Tak hanya menjadi venue event-event tertentu, biasanya stadion ini menjadi kandang dari Persebaya Surabaya.

Mengutip laman PSSI, markas Bajul Ijo ini dibuka pada 6 Agustus 2010. Dulunya, stadion ini dibangun dengan anggaran Rp100 miliar mulai 1 Januari 2008.

Tak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pahlawan, GBT juga berstatus sebagai yang terbesar di Jawa Timur. Pada fasilitas yang dimiliki, GBT tak kalah hebat dengan stadion lainnya yang ada di Indonesia.

Dalam segi kapasitas penonton, Gelora Bung Tomo (GBT) diperkirakan mampu menampung kurang lebih 45 ribu penonton, termasuk di tribune VVIP. Kemudian, untuk rumputnya sendiri juga sudah sesuai standar FIFA.

Selain kapasitas penonton dan rumput, hadir juga penerangan stadion yang disokong lampu kekuatan 2.400 lux serta sejumlah fasilitas lain seperti akses disabilitas, ruang CCTV, dan masih banyak lainnya.

Terbaru, rencananya Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan menjadi venue FIFA Matchday antara timnas Indonesia melawan Palestina di bulan Juni 2023 mendatang.

2. Stadion Gelora Bung Karno

Beralih ke Gelora Bung Karno (GBK), stadion ini berada di ibu kota Jakarta. Jika GBT sering digunakan Persebaya Surabaya, GBK juga kerap menjadi kandang bagi klub Persija Jakarta.

Pada aspek kapasitas, Gelora Bung Karno mampu menampung kurang lebih 77 ribu penonton. Selain itu, lapangannya juga sudah dibekali rumput standar FIFA.

Tak hanya itu, akses GBK juga mudah dijangkau. Selain kendaraan pribadi, pengunjung bisa memanfaatkan moda transportasi umum untuk mencapainya.

Kemudian, sejumlah fasilitas lain yang dimiliki di antaranya adalah pencahayaan mumpuni, sistem drainase mutakhir, sistem keamanan ketat, dan masih banyak lainnya.

Jika Gelora Bung Tomo (GBT) direncanakan menjadi venue laga timnas Indonesia melawan Palestina, Gelora Bung Karno (GBK) nantinya akan menjadi tempat pertandingan timnas Indonesia melawan Argentina.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7991 seconds (0.1#10.140)