Atlet Kabupaten Bekasi Jadi Andalan KONI Jabar di PON Aceh-Sumut

Minggu, 28 Mei 2023 - 20:31 WIB
loading...
Atlet Kabupaten Bekasi Jadi Andalan KONI Jabar di PON Aceh-Sumut
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat Muhammad Budiana mengandalkan atlet-atlet Kabupaten Bekasi sebagai salah satu lumbung emas di PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2025 mendatang / Foto: Humas KONI
A A A
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat Muhammad Budiana mengandalkan atlet-atlet Kabupaten Bekasi sebagai salah satu lumbung emas di PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2025 mendatang. Itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja.

"Sudah bisa kita perkirakan bahwa kekuatan inti Jawa Barat salah satu di antaranya ada di Kabupaten Bekasi. Atlet-atlet Kabupaten Bekasi menjadi bagian utama pelatda (pemusatan latihan daerah)," kata Budiana.

Budiana mengatakan tujuan kunjungan kerja KONI Jawa Barat ke Kabupaten Bekasi dikarenakan daerah itu menjadi juara umum pada pekan olahraga provinsi XIV Jabar di wilayah priangan timur beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Budiana meyakinkan segenap pengurus KONI Kabupaten Bekasi untuk terus semangat menjaga dan merawat prestasi atlet-atletnya, terlebih di akhir bulan ini akan digelar pengukuhan penetapan pelatda babak kualifikasi PON XXI. Dia mengaku Kabupaten Bekasi berpotensi menjadi salah satu tuan rumah pelatda mengingat konsep pemusatan latihan bersifat sentralisasi di provinsi dan desentralisasi di kota atau kabupaten yang ditunjuk dengan pembiayaan dibebankan dari anggaran provinsi.

"Bisa jadi di Kabupaten Bekasi karena kekuatan atlet kita salah satunya di sini selain daerah lain seperti Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, dan Kota Bogor," katanya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan memastikan pemerintah daerah mendukung penuh kebutuhan atlet melalui intervensi anggaran serta ketersediaan sarana dan prasarana olahraga demi peningkatan prestasi olahraga di daerah itu. "Sebagaimana kita ketahui, keikutsertaan atlet Kabupaten Bekasi memperkuat kontingen Jawa Barat maupun Indonesia di multi event selalu kita dukung. Ini bukti komitmen kami merawat serta menjaga kemampuan atlet agar tetap di high performance," katanya.

Menurutnya, salah satu kunci kesuksesan atlet meraih prestasi tertinggi adalah dengan memperbanyak mengikuti pertandingan untuk memperbanyak jam terbang serta pengalaman sehingga memiliki target khusus. "Karena kita menyandang predikat juara umum pekan olahraga provinsi yang bukan hanya sekadar meraih medali dan piala terbanyak, melainkan juga atlet-atlet kita menjadi kekuatan inti. Percuma jadi juara umum kalau atlet-atlet kita tidak menjadi kekuatan inti Jawa Barat," tegas Dani.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan memastikan atlet-atlet binaannya mampu berkontribusi besar mengantarkan Jawa Barat menjadi juara umum PON untuk ketiga kali secara berturut-turut. "Sesuai apa yang telah dicanangkan KONI Jawa Barat yakni hat-trick juara umum PON. Jangankan di kancah nasional, di ajang internasional pun atlet-atlet kami sudah siap tempur. Kami siap mengawal Jawa Barat menjadi juara umum di Aceh dan Sumatera Utara nanti," imbuhnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4840 seconds (0.1#10.140)