Hasil F1 GP Spanyol 2023: Asapi Duo Mercedes, Max Verstappen Rebut Gelar Kelima

Minggu, 04 Juni 2023 - 22:05 WIB
loading...
Hasil F1 GP Spanyol 2023: Asapi Duo Mercedes, Max Verstappen Rebut Gelar Kelima
Max Verstappen menjadi yang tercepat di balapan utama Formula 1 (F1) GP Spanyol 2023/Foto/Reuters
A A A
BARCELONA - Max Verstappen menjadi yang tercepat di balapan utama Formula 1 (F1) GP Spanyol 2023. Pembalap Red Bull Racing itu mengalahkan Lewis Hamilton (Mercedes) dalam lomba di Circuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (4/6/2023) malam WIB.

Ini kemenangan kelima Verstappen dalam 7 seri Formula 1 yang sudah digelar musim ini. Driver asal Belanda itu unggulan nyaris 25 detik dari Hamilton yang finis kedua. Hamilton juga tampil cukup meyakinkan pada paruh kedua balapan. Sedangkan rekan setim Hamilton, George Russel, menduduki posisi ketiga.



Pembalap Red Bull lainnya, Sergio Perez dan Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) menempati posisi lima besar. Sementara Fernando Alonso (Aston Martin finis di posisi ke-7 dan Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) gagal masuk sepuluh besar dan hanya menempati posisi ke-11.

Jalannya lomba, Max Verstappen (Red Bull) yang menempati pole position mampu terus memimpin di posisi terdepan lebih cepat dari pembalap lainnya. Pada lap 11, dia unggul 5,3 detik di depan Carlos Sainz (Scuderia Ferrari).



Lewis Hamilton (Mercedes) dan Lando Norris (McLaren) sempat bersenggolan pada tikungan 2 saat lomba baru berjalan 1 lap. Insiden itu membuat Norris harus masuk ke pit untuk mengganti salah satu bagian mobilnya.

Verstappen tampil mendominasi sepanjang berjalannya sesi balapan. Sang juara bertahan terus menempati posisi terdepan tanpa mendapatkan perlawanan berarti dari pembalap lain di belakangnya.

Setelah 20 menit balapan berlangsung duo Aston Martin, Lance Stroll dan Fernando Alonso, masuk ke pit untuk mengganti ban menjadi ban lunak (soft tyre). Keduanya sukses bertahan di posisi sepuluh besar pada lap 23.

Hamilton yang menggunakan ban medium melesat pada lap 30, lalu menempati posisi ke-2 di belakang Verstappen. Pembalap asal Inggris itu unggul sekitar empat detik dari Sainz di posisi ke-3.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2013 seconds (0.1#10.140)