Aldila Sutjiadi dan Miyu Kato Didiskualifikasi dari Prancis Terbuka 2023, Mirra Andreeva Kok Enggak?

Senin, 05 Juni 2023 - 19:00 WIB
loading...
Aldila Sutjiadi dan Miyu Kato Didiskualifikasi dari Prancis Terbuka 2023, Mirra Andreeva Kok Enggak?
Aldila Sutjiadi, yang turun di sektor ganda putri bersama Miyu Kato tak bisa melanjutkan langkahnya di Grand Slam Prancis Terbuka 2023 setelah didiskualifikasi dari babak ketiga saat berhadapan melawan Sara Sorribes Tormo/Marie Bouzkova / Foto: Screenshot
A A A
PARIS - Aldila Sutjiadi, yang turun di sektor ganda putri bersama Miyu Kato tak bisa melanjutkan langkahnya di Grand Slam Prancis Terbuka 2023 setelah didiskualifikasi dari babak ketiga saat berhadapan melawan Sara Sorribes Tormo/Marie Bouzkova. Kejadian ini bermula ketika bola pukulan rekan setim petenis Indonesia mengenai ball girl (pengambil bola di lapangan) dan membuatnya menangis.

Kejadian itu terjadi di set kedua ketika Aldila Sutjiadi/Kato unggul 3-1. Menurut laporan DailyStar, Senin (5/6/2023), pukulan Kato tampak tidak sengaja ketika mengenai kepala pengambil bola di lapangan.

Kato dan Sutjiadi awalnya diberi peringatan oleh wasit lapangan Alexandre Juge, namun keputusan tersebut diprotes oleh Sorribes Tormo dan Bouzkova. Lawan menyebut ini merupakan default (didiskualifikasi).



"Ini default," teriak Sorribes Tormo dan Bouzkova.

Jude lantas menjawab: "Dia (Kato) tidak melakukannya dengan sengaja, dia (ball girl) tidak terluka."

"Tapi dia menangis. Dia menangis," sahut Sorribes Tormo dan Bouzkova.



Perselisihan tersebut membuat Juge mengeluarkan pelanggaran kode, yang memanggil pengawas Grand Slam Wayne McKewen ke pengadilan. Wasit turnamen Remy Azemar juga tiba di Lapangan 14, setelah percakapan panjang antara para pemain, ofisial, dan pemungut bola, Aldila/Kato akhirnya diputuskan didiskualifikasi.

Keputusan ini dinilai sangat janggal, terutama jika berkaca pada pertandingan Mirra Andreeva versus Coco Gauff pada babak ketiga Grand Slam Prancis Terbuka 2023. Saat itu, petenis Rusia tidak menerima diskualifikasi setelah ia memukul bola ke arah tribun yang penuh sesak dengan penonton.

"Tepat setelah saya berpikir bahwa itu adalah langkah yang sangat bodoh dari saya karena tidak perlu melakukan itu. Benar-benar buruk apa yang saya lakukan. Ya, saya punya pemikiran seperti ini (bahwa dia akan default), tapi dia hanya memberi saya peringatan," cetus Andreeva.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4129 seconds (0.1#10.140)