alexametrics

Deretan Bintang Bulu Tangkis Tersukses dalam Sejarah Olimpiade

loading...
Deretan Bintang Bulu Tangkis Tersukses dalam Sejarah Olimpiade
Deretan Bintang Bulu Tangkis Tersukses dalam Sejarah Olimpiade/BWF
A+ A-
TOKYO - Sejak memulai debutnya di Barcelona 1992, bulu tangkis tujuh kali dipertandingkan di tujuh Olimpiade. Selama periode itu, 106 medali (34 emas, 34 perak, 38 perunggu) telah tersebar kepada 130 peraih medali dari 11 negara.

Dengan satu tahun menuju Olimpiade Tokyo 2020, kami melihat satu-satunya pemain yang telah memenangkan tiga atau lebih medali pada apa yang sering disebut "tahap terbesar dari semua".

4 Medali
Gao Ling (China)

Penampilan Olimpiade: Sydney 2000, Athena 2004, Beijing 2008. Pebulu tangkis paling sukses dalam sejarah Olimpiade, spesialis ganda adalah pemain tunggal dalam daftar ini dengan empat medali. Pemain China yang hebat itu meraih gelar ganda campuran dengan rekannya Zhang Jun pada Olimpiade pertamanya dan mereka melanjutkannya dengan emas empat tahun kemudian di Athena. Terkenal karena senyumnya, Gao juga memenangkan perunggu ganda putri pada 2000 dan perak pada 2004.

Baca Juga: Duel Mike Tyson vs Roy Jones Guncang Los Angeles 12 September

3 Medali
Fu Haifeng (China)
Penampilan Olimpiade: Athena 2004, Beijing 2008, London 2012, Rio 2016. Ikon ganda menyabet medali pada tiga edisi, dua kali dengan sahabat karib ganda putra, Cai Yun. Duo yang ditakuti kalah dalam final yang ketat di kandangnya pada tahun 2008 kepada ganda Indonesia Markis Kido/Hendra Setiawan tetapi melakukan perbaikan di London empat tahun kemudian. Fu kemudian bermitra dengan Zhang Nan untuk mempertahankan gelarnya di Rio.

3 Medali
Zhang Nan (China)
Penampilan Olimpiade: London 2012, Rio 2016
Keberhasilan perdana Zhang Nan datang saat debut di ganda campuran dengan Zhao Yunlei. Pasangan ini menyingkirkan lawan yang sama, Xu Chen/Ma Jin untuk mendapatkan perunggu di Rio, di mana Zhang juga menemukan kesuksesan dalam ganda putra dengan Fu Haifeng setelah persaingan sengit selama 70 menit dengan pemain Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kiong.



3 Medali
Zhao Yunlei (China)

Penampilan Olimpiade: London 2012, Rio 2016

Zhao tetap menjadi satu-satunya pemain bulu tangkis yang memenangkan dua medali emas pada edisi yang sama, dengan kesuksesan dalam campuran dan ganda putri pada 2012. Dia juga mengantongi perunggu ganda campuran pada penampilan Olimpiade terakhirnya pada tahun 2016.



3 Medali
Kim Dong Moon (Korea)

Penampilan Olimpiade: Atlanta 1996, Sydney 2000, Athena 2004
Kim dihormati di negara asalnya - ia adalah satu-satunya orang Korea dengan dua emas Olimpiade (ganda campuran dengan Gil Young Ah dan ganda putra dengan Ha Tae Kwon). Ada jarak delapan tahun antara kemenangan pertamanya dan kedua, yang ia gantikan dengan perunggu ganda putra pada 2000.

3 Medali
Gil Young Ah (Korea)

Penampilan Olimpiade: Barcelona 1992, Atlanta 1996
Rekor Olimpiade Gil adalah unik - dia memiliki satu medali di setiap peringkat. Setelah mengambil perunggu ganda putri pada 1992 dengan Shim Eun Jung, ia berimprovisasi pada edisi berikutnya untuk menambahkan emas ganda campuran dan perak di ganda putri dengan Jang Hye Ock.
(aww)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak