Josh Taylor Juara Tak Terbantahkan: Aku Tetap Raja Kelas 63,5 Kg!

Rabu, 07 Juni 2023 - 22:02 WIB
loading...
Josh Taylor Juara Tak Terbantahkan: Aku Tetap Raja Kelas 63,5 Kg!
Josh Taylor Juara Tak Terbantahkan: Aku Tetap Raja Kelas 63,5 Kg!/Boxing Scene
A A A
Penguasa sabuk kelas ringan super Josh Taylor masih menganggap dirinya sebagai juara tak terbantahkan di kelas 63,5 kg. Petinju kidal asal Skotlandia ini melepaskan tiga dari empat gelarnya setelah mempertahankan masing-masing sabuk tersebut melawan Jack Catterall 15 bulan yang lalu. "Anda harus mengalahkan saya untuk mendapatkan sabuk itu," kata Taylor kepada BoxingScene.com.

''Aku masih raja. Tak ada yang bisa mengalahkanku, jadi akulah yang harus dikalahkan. Saya adalah yang terbaik di kelas 63,5 kg. Saya masih memiliki satu sabuk lagi dan jika Anda ingin menjadi juara, Anda harus melawan saya dan mengalahkan saya untuk itu,"lanjutnya.



Namun, Josh Taylor tidak dapat melihat bagaimana para juara lain dalam divisinya dapat mengklaim bahwa ia bukanlah orang yang dapat dikalahkan dalam divisi ini. Josh Taylor yang memiliki rekor (19-0, 13 KO) adalah satu-satunya lawan yang mampu mengalahkan petinju hebat lainnya. "Sabuk yang dimiliki para petinju lain, itu adalah milik saya. Saya tidak pernah kehilangan mereka. Saya tidak pernah melepaskannya. Jadi, itu adalah sabuk saya. Mereka masih nomor dua dalam divisi ini,''sumbarnya.

Josh Taylor, 32 tahun, akan mempertahankan satu-satunya gelar yang masih dimilikinya, yaitu gelar juara dunia kelas ringan super (welter junior) WBO, melawan penantang wajib Teofimo Lopez (18-1, 13 KO) pada Sabtu malam di New York. ESPN akan menyiarkan pertarungan kejuaraan 12 ronde ini sebagai laga utama dari dua pertandingan yang dijadwalkan mulai pukul 22:00 EDT.

Josh Taylor menjadi juara dunia tinju kelas 63,5 kg kedua yang sepenuhnya bersatu dalam era empat sabuk ketika ia mengalahkan Jose Ramirez yang sebelumnya tak terkalahkan melalui keputusan mutlak dalam pertarungan penyatuan gelar selama 12 ronde pada bulan Mei 2021 di Virgin Hotels, Las Vegas. Ramirez (28-1, 18 KO) bangkit dari sebuah knockdown pada ronde keenam dan ketujuh, namun Taylor menang dengan skor yang sama, 114-112, berdasarkan penilaian juri Tim Cheatham, Dave Moretti dan Steve Weisfeld.

Jack Catterall (27-1, 13 KO) menguji Taylor. Namun, Taylor yang tangguh mampu bertahan dari sebuah knockdown pada ronde kesembilan, dan hampir saja mengalahkan si kidal asal Inggris itu melalui keputusan terbelah, atau split decision, pada bulan Februari 2022 di SSE Hydro, Glasgow, Skotlandia.



Josh Taylor kemudian melepaskan sabuk IBF, WBA dan WBC karena dia tidak tertarik untuk melakukan pertahanan wajib melawan lawan seperti Jermias Ponce dan Jose Zepeda, yang dipukul KO oleh Prograis pada ronde ke-11 tanggal 26 November untuk memenangkan salah satu dari tiga gelar yang dilepaskannya. Taylor juga enggan untuk terus membayar apa yang seharusnya bisa mencapai 12 persen dari gajinya untuk mempertahankan sabuk IBF, WBA, WBC dan WBO secara bersamaan.

Bertekad untuk mengalahkan Jack Catterall dengan lebih meyakinkan, Taylor menyetujui pertandingan ulang, namun ditunda dua kali, yang kedua kalinya karena cedera kaki yang dialaminya. WBO memerintahkan Taylor untuk mempertahankan satu-satunya gelar juara yang tersisa melawan Teofimo Lopez dari Brooklyn, mantan juara kelas ringan, sebelum pertarungan ulang melawan Catterall dijadwalkan ulang. "WBO datang dan memberi mandat kepada saya untuk melawan Teofimo Lopez karena pertarungan melawan Catterall belum dijadwalkan ulang," kata Taylor.

"Maka, WBO datang dan mengatakan, 'Oke, kami ingin Anda bertarung melawan penantang wajib Anda,' yaitu Teofimo Lopez. Maka, saya berkata, 'Jika saya tetap berada di berat badan untuk menjalani laga ini, saya tidak akan melepaskan sabuk terakhir yang saya miliki. Maka, ya, itu adalah keputusan yang dibuat untuk saya, keputusan yang tepat, namun pada saat yang sama saya kira ini adalah laga yang lebih besar dan lebih baik."
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4432 seconds (0.1#10.140)