Jadi Promotor Kecil, Don King Punya Kekayaan Rp2,3 Triliun

Jum'at, 09 Juni 2023 - 14:02 WIB
loading...
Jadi Promotor Kecil, Don King Punya Kekayaan Rp2,3 Triliun
Don King menjadi promotor tinju kecil di Amerika Serikat. Meski begitu, ia masih memiliki kekayaan sebesar USD 160 juta atau sekitar Rp2,3 Triliun / Foto: Sportscasting
A A A
Don King menjadi promotor tinju kecil di Amerika Serikat. Meski begitu, ia masih memiliki kekayaan sebesar USD 160 juta atau sekitar Rp2,3 Triliun.

Don King sempat mendominasi bisnis tinju pada era 70an sampai 90an. Pria berusia 91 tahun itu menjadi salah satu promotor terbesar dalam dunia tinju karena mempromotori Muhammad Ali hingga Mike Tyson.

Selain itu, Don King sempat mempromosikan pertarungan tinju seperti Sugar Ray Leonard, Felix Trinanda serta Leon Spinks. Meski sempat mendominasi, tetapi memasuki 2000an nasib Don King berubah drastis.

Permasalahan bisnis yang dilakukan Don King menjadi salah satu penyebab runtuhnya dominasi tersebut. Pasalnya, Don King menggunakan klausul kontrak yang mengharuskan seorang petinju yang ingin menantang petarungnya harus setuju dipromosikan olehnya di masa depan, jika berhasil mendapatkan kemenangan.



Strategi bisnis tersebut membuat Don King mendapatkan keuntungan karena siapapun yang mendapatkan kemenangan akan berada dibawah naungannya. Disisi lain, petarung yang menolak menandatangani klausul dari Don King akan kesulitan mendapatkan lawan terutama dalam perebutan gelar.

Selain permasalahan hukum dan strategis bisnis, perubahan industri dan munculnya promotor-promotor yang lebih besar menjadi penyebab dominasi Don King tergantikan. Kalah di bidang promosi menjadikan Don King kesulitan untuk mendapatkan kontrak dari petinju yang bisa menghasilkan banyak uang untuknya.

Kini, Don King menjadi promotor pertarungan kecil usai kalah bersaing. Kendati demikian, Don King masih menjadi salah satu promotor dengan penghasilan tinggi meski tak mendominasi seperti dahulu.



Menurut laporan CA Knowledge, Don King memiliki kekayaan sebesar USD 160 juta atau sekitar Rp2,3 triliun. Uang sebanyak itu didapatkannya dari gaji bulanan sebagai promotor serta pendapatan pertahannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)