Pekan Olahraga Tradisional 2023 Diramaikan Ratusan Anak Muda Seluruh Indonesia

Sabtu, 10 Juni 2023 - 21:30 WIB
loading...
Pekan Olahraga Tradisional 2023 Diramaikan Ratusan Anak Muda Seluruh Indonesia
Pekan Olahraga Tradisional 2023 Diramaikan Ratusan Anak Muda Seluruh Indonesia
A A A
KUNINGAN - Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ( Potradnas ) IX Tahun 2023 akan diikuti oleh ratusan anak muda dari berbagai wilayah di Indonesia. Acara ini akan berlangsung di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, 12 - 15 Juni 2023.

Para peserta yang merupakan remaja berusia antara 15 hingga 22 tahun, akan memperlihatkan keahlian mereka melalui lima jenis olahraga tradisional yang dipertandingkan dalam Potradnas IX Tahun 2023, yaitu Hadang, Egrang, Sumpitan, Terompah Panjang, dan Gasing. Setiap provinsi akan diwakili oleh 20 peserta, terdiri dari 19 pegiat dan 1 official.



Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, mengaku terkagum-kagum dengan antusiasme generasi muda dalam mengikuti Potradnas ke IX di era digital saat ini. Menurut Menpora Dito, meskipun dunia digital sedang berkembang pesat, anak muda tetap memiliki semangat besar untuk mempromosikan olahraga tradisional.

"Olahraga tradisional merupakan warisan dari para pendahulu kita. Oleh karena itu, menjaga dan melestarikannya merupakan tugas anak muda yang harus terus dilakukan," ujar Menteri Dito, Sabtu (10/6/2023).

Dengan kolaborasi antara penggemar olahraga tradisional dan anak muda, Menpora Dito optimistis bahwa olahraga tradisional yang merupakan bagian dari budaya Indonesia akan terus berkembang hingga masa depan.

"Olahraga tradisional juga menjadi bagian dari DBON (Dirgantara Berolahraga Nusantara) yang mendorong masyarakat untuk aktif berolahraga dengan berbagai model. Salah satunya adalah olahraga tradisional ini. Lebih baik lagi jika kabupaten/kota juga mendukungnya," tutur Menteri yang berasal dari Partai Golkar tersebut.

Sementara itu, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, menjelaskan bahwa tema yang diusung dalam Potradnas edisi ke IX Tahun 2023 adalah "Olahraga Tradisional: Lestari dan Bugarkan Indonesia".

Tema ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan olahraga asli Indonesia sebagai bagian dari budaya bangsa, serta meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga tradisional di dalam negeri. Selain itu, tujuan lainnya adalah memperkuat masyarakat melalui olahraga tradisional.

Raden Isnanta, yang berasal dari Kulon Progo, juga menekankan pentingnya melaksanakan kegiatan ini di tengah tren game online yang sedang populer di kalangan anak muda Indonesia.

“Saat ini, anak-anak muda hobinya main game online. Apa-apa mudah dari genggaman, tidak butuh banyak bergerak. Lama-lama ini kan ga baik dampaknya bagi anak muda, baik untuk fisik maupun mentalnya. Anak muda itu kan butuh bergerak dan bersosialisasi. Makanya permainan dan olahraga tradisional harus terus dilestarikan dan dibudayakan di masyarakat hingga mampu menjadi pilihan permainan bagi anak-anak muda di Indonesia," ucap Raden Isnanta.

"Pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora bersama Pemerintah Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat, dan instansi daerah lainnya terus saling bersinergi dalam mendukung penyelenggaraan Potradnas IX Tahun 2023. lnduk Organisasi Olahraga (INORGA) pecinta dan pelestari olahraga tradisional juga tak kalah serius dalam melestarikan dan mengembangkan permainan olahraga tradisional bersama remaja dan masyarakat agar semakin banyak yang menyukai dan menggemari permainan asli bangsa Indonesia," pungkas Isnanta.

Di sisi lain, masing-masing sebanyak 24 medali emas, perak, dan perunggu akan diperebutkan pada event Potradnas IX Tahun 2023 ditambah dengan total hadiah berupa uang pembinaan hingga puluhan juta rupiah.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)