Uruguay Juara Piala Dunia U-20 2023!

Senin, 12 Juni 2023 - 07:30 WIB
loading...
Uruguay Juara Piala Dunia U-20 2023!
Timnas Uruguay U-20 berhasil menjuarai Piala Dunia U-20/Foto/FIFA
A A A
LA PLATA - Timnas Uruguay U-20 berhasil menjuarai Piala Dunia U-20. Uruguay mengalahkan Italia U-20 dengan skor tipis 1-0 pada final di Estadio Unico Diego Armando Maradona, La Plata, Argentina, Minggu (11/6/2023) malam waktu lokal atau Senin (12/6/2023) pagi WIB.

Gol semata wayang Uruguay dikemas Luciano Rodriguez menit ke-86. Ini kemenangan pertama Uruguay setelah tiga kali lolos ke final. Sebelumnya La Celeste muda lolos ke final edisi 1997 dan 2013. Namun mereka dikalahkan Argentina dan Prancis di dua kesempatan itu.



Bagi Italia, ini pertama kali mereka mencapai final Piala Dunia U-20. Sejatinya Azzurrini -julukan Timnas Italia U-20- tampil impresif dengan mengalahkan tim seperti Brasil, Inggris, Kolombia, dan Korea Selatan dalam perjalanan mereka ke partai puncak.

Namun, Italia mendapat gelar hiburan setelah Cesare Casadei meraih Sepatu Emas sebagai top skor turnamen dengan 7 gol dalam enam laga. Pemain Chelsea yang tengah di pinjamkan ke Reading itu juga terpilih sebagai Pemain Terbaik turnamen.



Uruguay tampil agresif melawan Italia. Wakil Amerika Selatan itu mengandalkan ketajaman Rodriguez. Sejumlah peluang juga dihasilkan Fabricio Diaz lewat tendangan dari jarak jauh.

Kiper Italia Sebastiano Desplanches juga harus melakukan penyelamatan satu tangan yang sensasional atas sundulan bebas Anderson Duarte dari sepak pojok di sudut jauh atas.

Tekanan tinggi Uruguay terus membuat Italia kewalahan. Sundulan Alan Matturro Romero melenceng dari sasaran dari sepak pojok, sementara pemain pengganti Andres Ferrari gagal melakukan kontak yang tepat setelah Gonzalez yang bagus berlari ke kanan dan Fabricio Diaz melakukan serangan yang kuat tetapi serangan mentah di tangan kiper Sebastiano Desplanches.

Ada drama di menit ke-81 ketika Matteo Prati mendapat kartu merah langsung karena pelanggaran keras terhadap Fabricio Diaz, dan wasit Glenn Nyberg memberinya kartu merah. Tetapi itu diubah menjadi kuning setelah peninjauan VAR di lapangan, karena dia menarik diri di saat-saat terakhir insiden tersebut.

Beberapa saat kemudian, sebuah bola sepak pojok masuk di dalam kotak penalti sempat terjadi kemelut, hingga bola mendarat di kepala Luciano Rodriguez yang menanduknya ke tiang dekat untuk memberi Uruguay keunggulan di menit-menit terakhir.

Susunan pemain

Uruguay U-20: R Rodriguez; Chagas, Boselli, Facundo Gonzalez, Matturro; Diaz, Garcia; L Rodriguez (Homenchenko 96), Franco Gonzalez, De Los Santos (Sosa 91); Duarte (Ferrari 62)

Italia U-20: Desplanches; Prati, Ghilardi, Guarino, Turicchia; Casadei, Faticanti (Zanotti 46), Giovane (Pisilli 91); Baldanzi (Lipani 91), Pafundi (Montevago 57); Ambrosino (Esposito 57)

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2379 seconds (0.1#10.140)