Perbaiki Kualitas Liga Indonesia, 2 Wasit Jepang Mulai Kerja Bareng PSSI

Kamis, 15 Juni 2023 - 23:59 WIB
loading...
Perbaiki Kualitas Liga Indonesia, 2 Wasit Jepang Mulai Kerja Bareng PSSI
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, mengumumkan bahwa dua perwakilan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) telah memulai tugas mereka hari ini
A A A
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir , mengumumkan bahwa dua perwakilan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) telah memulai tugas mereka hari ini untuk melatih wasit Indonesia. Langkah ini diambil guna meningkatkan kualitas wasit dalam kompetisi sepak bola Indonesia.

Erick Thohir sebelumnya telah melakukan kunjungan ke beberapa federasi sepak bola negara lain, termasuk Jepang dan Jerman. Selama kunjungannya ke Jepang, JFA setuju untuk membantu meningkatkan kualitas wasit Indonesia.



Kerja sama antara PSSI dan JFA telah dimulai, dengan dua perwakilan JFA yang saat ini sedang melatih para wasit Indonesia. Pelatihan ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 15 hingga 20 Juni 2023. Yoshimi Ogawa, Wakil Ketua Komite Wasit JFA, dan Toshiyuki Nagi, instruktur wasit JFA, adalah dua perwakilan yang terlibat dalam pelatihan ini.

"Erick Thohir menyampaikan dukungan PSSI terhadap liga, salah satunya adalah kerja sama dengan Jepang untuk meningkatkan kualitas wasit, baik dalam seleksi liga maupun standar di daerah," kata Thohir kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia pada Kamis (15/6/2023).

"Saya mendorong dimulainya pelatihan perwasitan hari ini. Kita tidak bisa mengembangkan liga jika kami sudah tahu skor pertandingannya. Sekarang, kita telah membawa dua wasit Jepang untuk melatih, dengan jadwal pelatihan dari tanggal 15 hingga 20 Juni, jika tidak salah," tambahnya.

Lebih lanjut, Erick Thohir menjelaskan bahwa instruktur JFA akan membagi fokus mereka selama pelatihan. Yang pertama adalah mereview kinerja wasit, dan yang kedua adalah memberikan pendampingan kepada daerah-daerah agar memiliki standar yang sama.

"Satu wasit akan fokus mereview kinerja wasit di liga secara independen dan profesional, sementara wasit lainnya akan memberikan pendampingan ke daerah-daerah untuk memastikan standar yang seragam," ungkapnya.

"Ini adalah contoh yang telah berjalan mulai hari ini. Yoshimi Ogawa, yang merupakan Wakil Ketua Komite Wasit JFA dan terkenal di AFC dengan pangkat tinggi, serta Toshiyuki Nagi, instruktur wasit JFA, hadir sebagai koordinator instruktur untuk workshop wasit Liga 1 dan 2," lanjutnya.

"Presiden PSSI Jepang juga akan datang ke sini untuk memastikan bahwa dukungan yang mereka berikan berjalan dengan baik," tutup Erick Thohir.

Liga 1 musim depan dijadwalkan akan dimulai pada 1 Juli 2023 hingga 25 Mei 2024, dengan total 314 pertandingan yang akan berlangsung sepanjang musim.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)