Shin Tae-yong Effect dan Ancaman Timnas Indonesia yang Bisa Guncang Dunia

Minggu, 18 Juni 2023 - 16:03 WIB
loading...
Shin Tae-yong Effect dan Ancaman Timnas Indonesia yang Bisa Guncang Dunia
Shin Tae-yong effect. Itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan perjalanan pelatih Korea Selatan sejak ditunjuk melatih Timnas Indonesia pada Desember 2019 / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Shin Tae-yong effect. Itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan perjalanan pelatih Korea Selatan sejak ditunjuk melatih Timnas Indonesia pada Desember 2019. Akankah magis ahli strategi berusia 53 tahun itu berlanjut saat Skuad Garuda menantang Argentina pada laga bertajuk FIFA Matchday di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6/2023)?

Melawan Argentina menjadi laga yang sebenarnya untuk Shin Tae-yong menguji anak asuhnya. Maklum saja, Tim Tango diketahui menjadi negara dengan peringkat teratas di posisi ranking FIFA.

Sedangkan Indonesia berada di urutan 149 dunia. Perbedaan yang sangat mencolok itu menjadi tantangan tersendiri buat Shin Tae-yong. Apalagi PSSI menargetkan Timnas Indonesia menembus posisi 100 besar FIFA.



Jika berbicara mengenai laga melawan Argentina, publik di Tanah Air tentu saja lebih memilih menjagokan jawara Piala Dunia 2022. Tapi penggemar Timnas Indonesia lupa bahwa Shin Tae-yong punya rapor mengilau selama menangani Skuad Garuda.

Rekor jago kandang menjadi lumrah disematkan pada Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Betapa tidak, dalam 11 pertandingan terakhir di Tanah Air, Skuad Garuda belum terkalahkan.

Dengan rincian, Timnas Indonesia meraih enam kemenangan dan lima hasil imbang. Terakhir, Pratama Arhan dkk berhasil menahan imbang tanpa gol Palestina pada laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo.



Mengacu pada statistik tersebut, salah jika Timnas Indonesia dianggap sebelah mata saat berhadapan melawan Argentina. Justru rekor itu bisa dijadikan modal untuk Dimas Drajad dkk menambah kepercayaan dirinya dan membuktikan bahwa mereka mampu mengguncang dunia dengan mengalahkan Argentina.

Kita lihat saja apakah Timnas Indonesia mampu membuat kemenangan bersejarah atau justru sebaliknya, rekor mulus Skuad Garuda dirusak Argentina?

Rekor Tak Terkalahkan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia Main di Kandang


Indonesia vs Timor Leste 4-1
Indonesia vs Timor Leste 3-0
Indonesia vs Bangladesh 0-0
Indonesia vs Curacao 3-2
Indonesia vs Curacao 2-1
Indonesia vs Kamboja 2-1
Indonesia vs Thailand 1-1
Indonesia vs Vietnam 0-0
Indonesia vs Burundi 3-1
Indonesia vs Burundi 2-2
Indonesia vs Palestina 0-0

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)