Sejarah 10 Legenda Tinju yang Punya Ciri Khas di Atas Ring, Bagian II (Tamat)

Rabu, 21 Juni 2023 - 08:30 WIB
loading...
Sejarah 10 Legenda Tinju yang Punya Ciri Khas di Atas Ring, Bagian II (Tamat)
Juan Manuel Marquez dikenal sebagai petinju yang mampu menghindari pukulan lawan sambil memasukkan pukulan di celah yang sempit / Foto: The New York Times
A A A
Pembahasan mengenai sejarah 10 legenda tinju yang memiliki ciri khas di atas ring sudah dibahas sebelumnya. Sekarang SINDOnews mencoba untuk menjelaskan lima petinju lain yang belum terungkap di artikel sebelumnya.

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan sejarah lima legenda tinju paling unik di atas ring. Mereka adalah Muhammad Ali, Rocky Marciano, Ray Robinson, Pernell Whitaker dan Jack Johnson.

Tentunya penggemar tinju di Tanah Air penasaran siapa saja lima legenda tinju paling unik di atas ring yang bakal dibahas pada bagian terakhir ini. Seluruh bahan ini dikutip dari Evolve Daily.


Berikut 5 Legenda Tinju yang Punya Ciri Khas di Atas Ring

1. Mike Tyson


Mike Tyson dikenal sebagai petinju paling kejam saat berada di atas ring. Mantan juara dunia kelas berat itu bisa dibilang petinju paling eksplosif dalam sejarah tinju.

Saking kejamnya, Mike Tyson beberapa kali berhasil membuat lawannya kalah secara mental bahkan sebelum naik ke atas ring. kecepatan dan kekuatan pukulannya menjadi senjata utama Si Leher Beton untuk membuat lawannya meringkuk di kanvas.

Gerakan meliuknya dan jangkauan pukulan yang optimal membuat lawan sempoyongan. Itulah mengapa dia mendapat julukan Peek-a-boo dari pelatih legendarisnya, Cus D'amato. Karena dia punya kaya bertahan yang unik dengan menutupi wajahnya dengan tangan dan mampu melepaskan pukulan cepat saat lawan lengah.

2. Roy Jones Jr


Roy Jones Jr merupakan salah satu petinju yang diperhitungkan di zamannya. Mantan raja pound-for-pound itu bergerak dengan kesombongan seorang juara di atas ring, rasa percaya diri yang tinggi, dan punya teknik bertinju yang mumpuni.

Pada masa jayanya, Roy Jones Jr dikenal sebagai petinju yang komplet. Betapa tidak, ia mampu mengombinasikan antara kecepatan, kekuatan, dan kemahiran.

Selama bertahun-tahun, mantan peraih medali perak Olimpiade itu mampu mendominasi lawan dengan selera gaya yang unik. Tapi yang lebih dari flamboyannya adalah keterampilan bertarungnya yang luar biasa, terutama repertoar pukulannya (pukulan bergantian kanan dan kiri). Jones terkenal karena mampu melepaskan beberapa pukulan hook kiri, terkadang tiga kali berturut-turut dengan cepat, sebuah teknik yang tidak umum di antara petinju saat ini. Untuk itu, dia mendapat julukan "Kapten Hook".

3. Manny Pacquiao


Manny Pacquiao merupakan salah satu petinju bersejarah asal Filipina yang mampu mengukir prestasi di atas ring. Banyak lawan yang merasa kesulitan menghadapi kecepatan, kekuatan, dan kegigihannya yang khas.

Tapi itu adalah gayanya yang berbeda yang membuatnya menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Pukulan kiri mungkin menjadi salah satu ciri khas yang kerap dipertontonkan Pacman di atas ring. Bahkan Juan Manuel Marquez pernah membandingkannya dengan peluru pistol, cepat dan mematikan.

4. Floyd Mayweather Jr


Di era 2000-an, popularitas Floyd Mayweather mulai melejit. Ini tak lepas dari teknik bertahan ditambah dengan kejeniusan menunggu momentum melepaskan pukulan terbukti membuatnya tak terkalahkan di atas ring tinju.

Dengan teknik bertahannya itu Mayweather dianggap sebagai petinju terhebat di masanya. Dia kerap memanfaatkan bahu untuk menangkis setiap pukulan yang dilepaskan lawan.

Selain gaya bertahannya yang menuai decak kagum. Mayweather juga mampu memainkan counter puncher atau petinju yang mampu menghindari pukulan lawan sambil memasukkan pukulan di celah yang sempit.

5. Juan Manuel Marquez


Pada bagian terakhir artikel ini ada nama Juan Manuel Marquez. Dia dikenal sebagai petinju yang mampu menghindari pukulan lawan sambil memasukkan pukulan di celah yang sempit.

Dilatih oleh pelatih legendaris Meksiko Ignacio "Nacho" Beristain, Marquez menjadi monster berkepala dua yang tahu cara memasukkan pukulan dan memanfaatkan celah tidak seperti petinju Meksiko lainnya dalam sejarah. Manny Pacquiao pernah merasakan kelihaiannya di atas ring.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)