Erick Thohir Isyaratkan Gaji Wasit Liga 1 Selevel Menteri

Kamis, 22 Juni 2023 - 19:01 WIB
loading...
Erick Thohir Isyaratkan Gaji Wasit Liga 1 Selevel Menteri
Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menjanjikan gaji tinggi untuk meningkatkan kinerja dan integritas wasit Liga Indonesia/Foto/pssi.org
A A A
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menjanjikan gaji tinggi untuk meningkatkan kinerja dan integritas wasit Liga Indonesia. Erick mengatakan korps baju hitam akan mendapat bayaran lebih tinggi ketimbang menteri.

Erick akan membenahi kualitas wasit Indonesia yang akan meimpin laga liga Indonesia. Selain meningkatkan kesejahteraan agar tidak main mata dengan mafia sepak bola, PSSI juga bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) terkait pembenahan wasit-wasit di Indonesia.



Erick mengatakan wasit Liga 1 2023-2024 sudah punya batasan minimum bekerja dalam satu musim. Hal itu untuk memberikan kepastian pekerjaan dan pemasukan para wasit dalam satu musim.

"Ada 18 wasit Liga 1. Masing-masing wasit akan 17 kali meniup peluit (bekerja dalam satu musim). Padahal target kami 15 kali. Seharusnya itu cukup "kata Erick Thohir di Jakarta, Kamis (22/6/2023).



Menteri BUMN itu menyebut gaji wajib untuk wasit Liga 1 pun bisa dikatakan akan melebihi menteri. Namun, dia belum membeberkan penghasilan pasti setiap wasit dalam satu kali memimpin laga.

"(Bakal) lebih tinggi gajinya dari menteri. Alhamdulillah lebih tinggi, selevel menteri, harus bangga," ucapnya.

Merujuk gaji menteri dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000, tunjangan menteri diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 68 tahun 2001. Gaji gaji pokok yang diterima menteri sebesar Rp5.040.000 juta per bulan dan tunjangan jabatan hingga Rp13.608.000 juta per bulan.

Erick Thohir menegaskan pihaknya tak akan main-main jika ada wasit yang mencoba-coba main mata dengan mafia. PSSI akan menjatuhkan sanksi seumur hidup tak boleh berkecimpung di sepak bola. Sebab, PSSI sepakat meningkatkan kesejahteraan wasit saat ini.

"Kalau para wasit beralasan tidak cukup dan terima penghasilan sampingan, sudah pantas saya hukum. Saya rasa bagian kami memercayai wasit-wasit untuk bisa mandiri," pungkasnya.

Berikut ini 18 wasit pada Liga 1 2023/2024:

Thoriq M Alkatiri - Bandung
Yudi Nurcahya - Bandung
Choirudin - Bantul
Naufal Adya Fairuski - Bandung
Zetman Pangaribuan - Jakarta Pusat
Armyn Dwi Suryathin - Lubuklinggau
Heru Cahyono - Jakarta Selatan
Abdul Aziz - Ciamis
Bangkit Sanjaya - Lampung Timur
Nendi Rohaendi - Bandung
Agus Fauzan Arifin - Sleman
Aidil Azmi - Banda Aceh
Gedion Dapaherang - Jakarta Timur
Ginanjar Rahman Latief - Kab. Bandung
M Erfan Efendi - Surabaya
Asep Yandis - Karawang
Ryan Nanda Saputra - Bandung
Rio Putra Permana - Pekan Baru

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6926 seconds (0.1#10.140)