Di Mana Posisi Bermain Ilkay Gundogan di Barcelona?

Selasa, 27 Juni 2023 - 07:02 WIB
loading...
Di Mana Posisi Bermain Ilkay Gundogan di Barcelona?
Ilkay Gundogan resmi bergabung dengan Barcelona, Selasa (26/6/2023)/Foto/Twitter
A A A
BARCELONA - Ilkay Gundogan resmi bergabung dengan Barcelona , Selasa (26/6/2023). Mantan gelandang Manchester City itu dikontrak juara La Liga 2022/2023 itu hingga Juni 2025 dengan opsi perpanjangan kontrak satu musim.

Gundogan keluar dari Stadion Etihad setelah menjalani musim yang luar biasa bersama Pasukan Pep Guardiola. Pemain Timnas Jerman itu membawa Man City meraih treble bersejarah pada bulan Juni saat klub memastikan gelar Liga Champions pertama di Istanbul, Turki, usai mengalahkan Inter Milan.



Namun, mantan bintang Borussia Dortmund itu menginginkan tantangan baru meski Guardiola ingin mempertahankan pemain berusia 32 tahun itu. Kedatangan Gundogan di Camp Nou pastinya akan memicu perubahan taktis dari Pelatih Xavi Hernandesz pada musim 2023/2024. Apalagi, kepergian Sergio Busquets meninggalkan lubang di lini tengah Barcelona.

Xavi mengandalkan sistem 4-3-3 di sebagian besar pertandingan Barcelona pada 2022/2023. Sementara Guardiola menggunakan Gundogan di lini tengah dengan empat pemain, dalam formasi 3-2-4-1.


Peran Gundogan di Man City menempatkan fokus yang lebih besar pada insting menyerangnya. Guardiola mengeksplorasi daya serang Gundogan bersama Kevin De Bruyne dengan dua gelandang bertahan di belakangnya.

Sementara trio lini tengah Xavi berpusat pada Sergio Busquets. Mantan kapten Blaugrana itu diapit Frenkie de Jong dan Pedri.

Gundogan yang serba guna menjadi ciri khasnya di Man City. Tapi di Barcelona peran itu akan menjadikan dirinya sebagai pengganti peran Busquets yang bergabung dengan Inter Miami bersama Lionel Messi.

Dilansir football-espana.net, Xavi menyoroti perlunya pengganti Busquets, tapi dia juga akan diminta untuk mengubah taktik untuk memfasilitasi Gundogan yang bisa bermain sebagai poros ganda, tetapi bukan sebagai gelandang bertahan tunggal.

Gundogan bisa dibentuk kembali bermain bersama Frenkie de Jong, dengan Pedri dipindahkan ke posisi yang lebih menyerang.

Perubahan tersebut akan memicu kekhawatiran atas perkembangan Pedri dan Gavi, yang terhambat. Tapi, Xavi tetap bertekad membawa pemain berpengalaman ke dalam skuatnya.

Xavi butuh pemain berpengalaman Eropa untuk Starter XI di Liga Champions. Saat ini Robert Lewandowski satu-satunya berpengalaman di starting XI. Masuknya Gundogan akan menjadi nyawa baru bagi Barcelona yang kekurangan pemain Liga Champions.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2377 seconds (0.1#10.140)