10 Pemain Diaspora Akan Dipanggil Bela Timnas Indonesia U-17, Salah Satunya Main di Klub Sao Paulo Brasil

Sabtu, 01 Juli 2023 - 08:03 WIB
loading...
10 Pemain Diaspora Akan Dipanggil Bela Timnas Indonesia U-17, Salah Satunya Main di Klub Sao Paulo Brasil
Bima Sakti berencana memanggil pemain keturunan untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) menatap Piala Dunia U-17 2023 / Foto: Instagram Hamdan Hamedan
A A A
JAKARTA - Bima Sakti berencana memanggil pemain keturunan untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) menatap Piala Dunia U-17 2023 . Tenaga Ahli Menpora Bidang Potensi Pemuda dan Diaspora, Hamdan Hamedan, mengungkap ada 10 pemain yang mempunya paspor Indonesia dan kemungkinan bisa untuk membela Skuad Garuda Muda di ajang tersebut.

Hamdan menyambut baik wacana Bima Sakti tersebut. Dirinya pun langsung membantu dengan membeberkan bahwa setidaknya ada 30 pemain yang bisa dilirik Timnas Indonesia U-17 untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023 .

Sebanyak 10 di antaranya sudah memiliki paspor Indonesia, termasuk Welberlieskot de Halim Jardim yang saat ini tengah bermain untuk klub Liga Brasil, Sao Paulo. Hamdan menyampaikan kalau Welber merupakan salah satu pemain yang cukup menjanjikan jika nantinya dapat memperkuat Timnas Indonesia U-17.



"Senang mendengar bahwa Coach @bimasakti_tukiman terbuka untuk pemain diaspora dalam menyongsong Piala Dunia U-17 yang akan digelar 10 November ini. Dari database yang kami miliki, ada sekitar 30 pemain diaspora yang masuk dalam kategori U-17. Dan ada sekitar 10 (sekarang 12) pemain yang memiliki paspor Indonesia sehingga berpotensi membela timnas bila dibutuhkan dan bila kualitasnya sesuai dengan keinginan pelatih," tulis Hamdan dalam akun instagramnya, Sabtu (1/7/2023).

"Welber adalah salah satunya. Sudah beberapa kali saya menyebut nama dia kepada tim kepelatihan. Semoga saja kini dia mendapat kesempatan dengan para pemain diaspora lainnya," ujarnya.

"Tadi pagi, ayahnya memberitahu saya bahwa Welber mencetak gol saat timnya Sao Paulo FC U-16 bermain melawan klub masa kecil Lionel Messi, Newell’s Old Boys U-17. Welber bermain sebagai full-back kanan, walaupun dia juga sangat kapabel bermain di posisi gelandang (box to box midfielder)," terang Hamdan.



Jika nantinya Timnas Indonesia U-17 akan diperkuat pemain keturunan pada Piala Dunia U-17 2023, tentu diharapkan mereka dapat memberikan dampak positif. Mengingat, tidak menutup kemungkinan kalau nantinya Skuad Garuda akan menghadapi negara kuat seperti Prancis, Inggris, atau bahkan Spanyol.

Seperti diketahui, Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru yang memilih mundur karena alasan infrastruktur. Kompetisi kelompok usia berskala internasional ini dijadwalkan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember mendatang. Namun sampai saat ini belum diketahui stadion mana saja yang akan dipakai untuk ajang tersebut.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3168 seconds (0.1#10.140)