Gubernur Jatim Incar Tuan Rumah Fornas IX

Sabtu, 01 Juli 2023 - 20:04 WIB
loading...
Gubernur Jatim Incar Tuan Rumah Fornas IX
Khofifah meminta Kadispora Jatim bersurat kepada Ketua Umum KORMI pusat supaya pada 2027, untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Fornas ke-IX / Foto: Instagram khofifah indar parawansa (@khofifah.ip)
A A A
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa secara khusus dirinya meminta Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Jatim untuk bersurat kepada Ketua Umum KORMI pusat supaya pada 2027, Jatim dapat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) ke-IX. Ini agar masing-masing daerah lebih serius dan lebih sistemik persiapannya.

"Biasanya kalau bersiap jadi tuan rumah masing-masing daerah lebih serius dan lebih sistemik persiapannya. Maka para penggiat olahraga rekreasi masyarakat yang hari ini ada 50 COOM sangat mungkin nanti akan berkembang lagi. Dan tentunya bisa memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, sekaligus olah seni, olah budaya dan olah rasa. Karena bangsa ini harus dibangun oleh rasa yang tumbuh, saling memiliki, menghormati dan menghargai. Melalui itu maka akan bisa tumbuh lebih baik dan tumbuh Lebih luas lagi," kata Khofifah dalam keterangan persnya, Sabtu (1/7/2023).

Menurut Khofifah, pemerintah mempunyai desain besar olahraga nasional yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi dan industri olahraga. Ini semua diatur dalam Perpres nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).



"Olahraga rekreasi masyarakat ini ada di dalam Desain Besar Olahraga Nasional. Untuk itu, saya meminta Ketua KORMI Jatim untuk membuat desain olahraga rekreasi masyarakat yang lebih sistemik dan detail. Karena olahraga rekreasi masyarakat ini bisa mengolah seni, rasa, dan budaya, selain tentunya juga olah raga," urainya.

Untuk itu, ke depan ia meminta agar seluruh 38 kabupaten/kota di Jatim telah terbentuk KORMI. Dimana, dari 38 kabupaten dan kota di Jatim, saat ini sudah terbentuk 21 KORMI kabupaten dan kota yang telah dikukuhkan kepengurusannya.



Selain itu ada 3 kabupaten/kota yang telah terbentuk dan segera dikukuhkan, 4 kabupaten/kota yang masa baktinya telah habis, dan 10 kabupaten/kota yang segera menyusul membentuk kepengurusan KORMI. "Setelah itu segera lakukan rakor apa yang menjadi mandat dari Desain Besar Olahraga Nasional untuk jenis olahraga rekreasi masyarakat. Karena ini akan menjadi bagian dari kekuatan sehat jiwa, sehat raga, sehat seni dan sehat budaya masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa Timur," imbuhnya.

https://bro.sin.do/goembed?q=Jakpro+Pastikan+JIS+Siap+Digunakan+jika+Dipilih+sebagai+Venue+Piala+Dunia+U-17
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2441 seconds (0.1#10.140)