Max Verstappen Beberkan Kesuksesan Menangi GP Austria 2023

Senin, 03 Juli 2023 - 22:04 WIB
loading...
Max Verstappen Beberkan Kesuksesan Menangi GP Austria 2023
Max Verstappen membeberkan kunci keberhasilannya merebut podium pertama pada balapan F1 GP Austria 2023, Minggu (2/7/2023) malam WIB / Foto: Max Verstappen (@maxverstappen1)
A A A
SPIELBERG - Max Verstappen membeberkan kunci keberhasilannya merebut podium pertama pada balapan F1 GP Austria 2023, Minggu (2/7/2023) malam WIB. Manajemen ban menjadi salah satu yang membedakan dia dengan pilot jet darat lainnya.

Tak lama setelah balapan utama di Sirkuit Red Bull Ring itu dimulai, Verstappen harus bekerja keras melawan Leclerc untuk menjaga jet daratnya berada di posisi terdepan. Pembalap Red Bull Racing itu berulang kali mencoba menyalipnya di setiap kesempatan yang dimilikinya.

Pada akhirnya Verstappen berhasil menyalip Leclerc dan keluar sebagai pemenang setelah menyelesaikan balapan dalam 71 lap dengan selisih 5,1 detik di depan pilot jet darat Tim Kuda Jingkrak julukan Ferrari. Verstappen menjelaskan bahwa dia tahu jet darat yang dikendarainya punya kecepatan yang lebih baik dan manajemen ban yang cerdas menjadi kunci kemenangannya di sirkuit kandang Red Bull itu.



"Setelah tersalip, seperti yang sering terjadi, hampir semuanya berkisar pada manajemen ban yang cerdas. Saya tidak mengkhawatirkan Charles, saya tahu dia kuat, tetapi saya juga tahu bahwa kami memiliki mobil yang lebih cepat,” kata Verstappen dilansir dari Speedweek, Senin (3/7/2023).

"Awalnya saya harus berusaha mempertahankan diri melawan Charles, tapi saya percaya padanya dan tahu bahwa dia tidak melakukan hal bodoh. Dan ketika saya menyalipnya lagi di balapan nanti, saya bisa membuatnya siap karena saya tahu kami memiliki kecepatan lebih. Itu hanya masalah kesabaran,” tambahnya.

"Kami memiliki sedikit pengalaman dengan ban di endurance run, karena pada hari Jumat kami langsung masuk kualifikasi setelah hanya satu sesi latihan bebas karena format sprint. Keausan ban lebih tinggi dari yang diharapkan, jadi penting bagi kami untuk melakukan yang terbaik di setiap segmen balapan dan kami melakukannya dengan sempurna hari ini. Hari ini sangat menyenangkan," tuturnya.



Kemenangan itu pun membuat Verstappen semakin mengukuhkan dirinya di puncak klasemen sementara F1 2023 dengan koleksi 229 poin. Pembalap berusia 26 tahun itu berhasil meraih kemenangan ketujuhnya musim ini dari sembilan seri yang telah berjalan.

Pada saat yang sama, Verstappen sukses meraih kemenangan GP ke-46-nya dan podium ke 86-nya di F1. Selain itu, ini merupakan kemenangan GP ke-101 untuk tim balap Formula 1 Red Bull Racing.

Tim berlogo Banteng Meraih itu bahkan belum terkalahkan di tahun 2023 dengan torehan sembilan kemenangan, dan jika dihitung dari kemenangan pada balapan terakhir F1 2022 di Abu Dhabi, mereka telah mencatatkan 10 kemenangan berturut-turut. Hanya satu tim balap yang lebih baik dalam sejarah Formula 1 dari mereka, yakni McLaren 1988, yang kala itu Ayrton Senna dan Alain Prost menang 11 kali berturut-turut.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3882 seconds (0.1#10.140)