5 Petinju Muslim Amerika Serikat Terhebat Sepanjang Sejarah

Kamis, 06 Juli 2023 - 19:36 WIB
loading...
5 Petinju Muslim Amerika Serikat Terhebat Sepanjang Sejarah
Sadam Ali merupakan petinju yang berasal dari keluarga imigran Yaman, yang membuatnya terlahir sebagai seorang muslim / Foto: The Guardian
A A A
Amerika Serikat kerap melahirkan petinju hebat sepanjang sejarah. Dari sekian banyak petinju tersebut ada beberapa yang dapat dikatakan sebagai yang terbaik di eranya.

Prestasi mereka dibuktikan dengan banyaknya kemenangan dan gelar juara yang diraih. Mungkin nama-nama petinju muslim Amerika ini sudah melekat di telinga para penggemar tinju.

Sebut saja seperti Muhammad Ali dan Mike Tyson yang sudah pasti masuk daftar. Namun selain dua lama ini, terdapat juga tiga nama lain yang mungkin jarang diketahui.


5 Petinju Muslim Terhebat Sepanjang Sejarah Amerika

1. Muhammad Ali


The Greatest terlahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr. pada 1961, namun sang legenda tinju nini memutuskan untuk mualaf dan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali pada 6 Maret 1964.

Dalam dunia tinju, nama Muhammad Ali telah dikenal sebagai sang legenda yang dikagumi oleh para petinju lain. Pria asal Kentucky, AS ini berhasil menjadi juara dunia Kelas Berat dalam usia 22 tahun dengan mengalahkan Sonny Liston pada 25 Februari 1964.

Sepanjang karier tinjunya, Ali telah menorehkan rekor 56 kemenangan, 37 menang KO, dan mengalami 5 kali kekalahan. Dia juga sempat mempersembahkan medali emas olimpiade 1960.

2. Mike Tyson


Mike Tyson mulai memeluk Agama Islam setelah keluar dari penjara karena kasus pemerkosaan pada 1992. Iron Mike telah dikenal sebagai petinju kelas berat yang beringas dan tak kenal ampun.

Petinju berjuluk Leher Beton ini dinobatkan sebagai juara Kelas Berat termuda sepanjang masa dalam usia 20 tahun 4 bulan dan 22 hari. Saat itu, dia berhasil menumbangkan Trevor Berbick untuk menjadi juara dunia Kelas Berat WBC pada 22 November 1986.

Selain itu, Tyson juga menjadi petinju pertama yang menguasai sabuk juara Kelas Berat WBA, WBC, IBF setelah menaklukkan Tony Tucker pada 1 Agustus 1987. Sepanjang karier tinjunya, Tyson mencatatkan rekor 50 kemenangan yang 44 diantaranya KO, dan menelan 6 kekalahan.


3. Bernard Hopkins


Petinju muslim Amerika selanjutnya ini berhasil menjadi juara dunia di tiga kelas Menengah, Menengah super, dan Berat Ringan. Petinju berjuluk The The Executioner ini mempelajari Islam semenjak menjalani hukuman saat masih remaja.

Juara dunia kelas menengah adalah yang pertama kali di dapat. Hopkins menerima gelar itu usai tundukkan Segundo Mercando. Setelahnya, petinju asal Pennsylvania, AS ini mulai naik kelas saat menjadi juara dunia Kelas Berat Ringan menaklukkan Jean Pascal. Dia merebut sabuk WBC, IBF, dan WBC Diamond.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)