Aprilia Racing Melemah di MotoGP 2023, Begini Kata Massimo Rivola

Minggu, 09 Juli 2023 - 22:01 WIB
loading...
Aprilia Racing Melemah di MotoGP 2023, Begini Kata Massimo Rivola
Aprilia Racing Melemah di MotoGP 2023, Begini Kata Massimo Rivola
A A A
NOALE - Aprilia Racing menghadapi penampilan yang menurun dalam gelaran MotoGP 2023 . Namun, CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada perubahan pada konfigurasi dasar motor RS-GP mereka dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, Aprilia Racing bersaing untuk merebut gelar juara MotoGP 2022 melalui Aleix Espargaro. Namun, performanya menurun di akhir musim, sehingga dia hanya berhasil finis di peringkat keempat dengan total 212 poin, selisih 53 poin dari sang juara, Francesco Bagnaia.

Secara keseluruhan, pembalap asal Spanyol ini mencatat enam podium pada musim lalu, dengan satu kemenangan bagi tim pabrikan Noale dalam MotoGP Argentina 2022. Sementara itu, rekan setimnya, Maverick Vinales, meraih tiga podium dan finis di urutan ke-11 dalam klasemen akhir.



Namun, tim pabrikan Italia ini tidak tampil sekompetitif musim ini dalam MotoGP 2023. Espargaro hanya naik podium sekali, yaitu dalam balapan terakhir sebelum jeda musim panas di Sirkuit Assen, Belanda. Hal yang sama terjadi dengan Vinales, yang naik podium kedua dalam balapan pembuka di Portugal.

Espargaro menyelesaikan paruh pertama musim ini di posisi kedelapan dalam klasemen dengan 77 poin. Sementara itu, Vinales berada di posisi empat tempat di belakangnya dengan 56 poin.

Meskipun performa timnya menurun tahun ini, Rivola belum menemukan penyebabnya. Menurutnya, DNA motor RS-GP23 mereka tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan sebelumnya.

"Menurut saya, DNA motor kami tidak berubah. Seharusnya kami cepat di sirkuit seperti Termas de Río Hondo, Mugello, dan Assen, tapi kami tidak mampu melakukannya," kata Rivola seperti dilansir dari Speedweek, Sabtu (8/7/2023).

"Kini sirkuit seperti Silverstone dan Phillip Island akan hadir, di mana seharusnya kami berada di depan. Setidaknya di masa lalu, kami selalu kompetitif di sana. Mungkin kami mengalami peningkatan sedikit di tikungan stop-and-go, tapi kami kehilangan sebagian tenaga kami di tikungan cepat," tambahnya.

"Menurut saya, itu juga tergantung pada posisi kami di akhir putaran balapan. Jika kami memulai dari posisi depan, kami dapat memulai dengan kecepatan yang berbeda dibandingkan saat memulai dari baris tengah," pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)