Juara GP Inggris, Max Verstappen Menang 6 Kali Beruntun di Formula 1 2023

Senin, 10 Juli 2023 - 07:01 WIB
loading...
Juara GP Inggris, Max Verstappen Menang 6 Kali Beruntun di Formula 1 2023
Juara GP Inggris, Max Verstappen Menang 6 Kali Beruntun di Formula 1 2023
A A A
NORTHAMPTON - Balapan F1 GP Inggris 2023 telah selesai digelar pada Minggu (9/7/2023) malam WIB di Sirkuit Silverstone. Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen , keluar sebagai pemenang dalam balapan 52 lap tersebut, meraih kemenangan keenam berturut-turut.

Verstappen berhasil mempertahankan dominasinya dengan kemenangan ini setelah sebelumnya juga naik podium pertama dalam balapan GP Miami, Monako, Spanyol, Canada, dan Austria.

Di belakangnya, pembalap McLaren, Lando Norris, finis di posisi kedua, diikuti oleh bintang Mercedes, Lewis Hamilton, di posisi ketiga. Kedua pembalap tuan rumah tersebut bersaing sengit sepanjang balapan untuk menjadi yang terbaik di depan publik mereka.



Sementara itu, Sergio Perez (Red Bull Racing) dan Fernando Alonso (Aston Martin), dua pembalap papan atas klasemen, finis di urutan keenam dan ketujuh. Sementara duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz, harus puas di urutan kesembilan dan sepuluh.

Jalannya Balapan


Max Verstappen, yang memulai balapan dari posisi terdepan, kehilangan posisinya saat berbelok di Tikungan 1. Lando Norris dari McLaren berhasil menyalipnya dengan mulus.

Namun, Verstappen berhasil merebut posisi terdepan kembali dari Norris pada lap kelima. Dia memimpin balapan di depan Norris, Oscar Piastri, Charles Leclerc, George Russel, Carlos Sainz, Fernando Alonso, dan Lewis Hamilton.

Pada lap 26, Verstappen masih memimpin dengan nyaman dengan keunggulan sekitar 6,3 detik atas Norris. Piastri, Russel, Sainz, Hamilton, dan Alonso menempati posisi tiga hingga tujuh.

Kemudian, Charles Leclerc dan Carlos Sainz dari Ferrari mengalami penurunan performa karena pemilihan ban keras yang tidak tepat. Mereka terperosot ke urutan delapan dan sembilan pada lap 33.

Sementara itu, Lewis Hamilton dari Mercedes perlahan naik ke urutan ketiga. Dia hanya berjarak kurang dari satu detik dari Norris di depannya. Verstappen masih memimpin di posisi terdepan.

Tak lama kemudian, Kevin Magnussen dari Haas mengalami kecelakaan, dan safety car dikeluarkan untuk evakuasi mobilnya dari lintasan. Pada saat ini, Verstappen, Norris, dan Hamilton masuk ke pit untuk mengganti ban. Verstappen dan Hamilton memilih ban lunak, sedangkan Norris menggunakan ban keras.

Pada lap 39, Hamilton mencoba untuk menyalip Norris di Tikungan 3 dan Tikungan 5, tetapi tidak berhasil. Kedua pembalap Inggris itu tampak sangat berambisi untuk menjadi yang terbaik di depan publik mereka sendiri, hingga sempat nyaris bersenggolan. Verstappen masih memimpin dengan keunggulan 2,8 detik di depan Norris.

Tiga lap menjelang finis, Verstappen semakin menjauh dari Norris dengan keunggulan 3,5 detik. Hamilton terus berusaha menyalip Norris. Di belakang mereka, ada Piastri, Russel, Perez, Alonso, Albon, Leclerc, dan Sainz.

Verstappen berhasil mempertahankan posisi terdepan hingga akhirnya melewati garis finis sebagai pemenang. Norris mengamankan podium kedua di depan Hamilton.
Juara GP Inggris, Max Verstappen Menang 6 Kali Beruntun di Formula 1 2023
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)