PSSI Jalankan Program Talenta Garuda demi Penuhi Target Presiden Jokowi

Rabu, 12 Juli 2023 - 21:00 WIB
loading...
PSSI Jalankan Program Talenta Garuda demi Penuhi Target Presiden Jokowi
PSSI terus mempersiapkan Timnas Indonesia U-17 yang tangguh di Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November sampai 2 Desember mendatang / Foto: PSSI
A A A
BANDUNG - PSSI terus mempersiapkan Timnas Indonesia U-17 yang tangguh di Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. Hal ini dilakukan agar target yang diberikan Presiden Joko Widodo tercapai.

Saat ini PSSI tengah menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk mencari 22 pemain terbaik. "Tadi Presiden meminta lolos ke final. Itu target tertinggi. Karena itu, khusus mencari 22 pemain terbaik, kami menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi pemain tim nasional Indonesia U-17," tutur Erick Thohir saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau seleksi Timnas Indonesia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Rabu (12/7/2023).

"Program ini melibatkan 10 klub Liga 1 dari berbagai kota yang bertindak sebagai host seleksi dan juga direktur teknik PSSI, serta Asprov untuk mencari bakat-bakat terbaik yang tersebar di penjuru Indonesia," Sambungnya.



Selain itu, Erick menambahkan seleksi Talenta Garuda juga mengikutsertakan para mantan pemain nasional yang kini bertindak sebagai pelatih dan pemandu bakat. Nama-nama seperti pelatih Timnas U-17 Bima Sakti, serta Rully Nerre, Budi Sudarsono, Firman Utina, Firmansyah, dan Indriyanto akan terjun untuk memantau seleksi para calon pemain muda yang diseleksi di 12 klub Liga 1.

"Talenta Garuda adalah program kolaborasi antara klub Liga 1, PSSI, dan Asprov. Klub Liga 1 memanggil calon pemain sesuai kebutuhan pelatih dan mempersiapkan hal-hal teknis seleksi. Lalu PSSI menjadi koordinatornya dan pemandu bakat, serta Asprov bersama direktur tekniknya memanggil pemain SSB, klub atau sekolah di daerahnya, sekaligus mendampingi. Kita sinergi untuk mencari 22 pemain terbaik," lanjutnya.

Bcaa Juga: 3 Pengganti David De Gea yang Wajib Dipertimbangkan Manchester United

Ditambahkan, Talenta Garuda menjadi benchmark baru dalam mencari skuad terbaik Indonesia. Karena itu, semua spesifikasi terbaik menjadi persyaratan utama. Mulai dari mental yang kuat, postur tubuh dengan tinggi 170-185cm, kemampuan otot, skill, kognitif, disiplin, koordinasi prima hingga VO2max dengan nilai rata-rata 60-65.

"Kami memang menerapkan passing grade yang tinggi. Ini tantangannya sebab bagaimanapun juga ini Piala Dunia FIFA pertama di Indonesia sehingga harus maksimal persiapan dan skuad Timmas U-17 kita. Para pemain kita harus punya passing akurat, dribbling bola yang kuat, dan shooting jitu. Garuda Muda tak boleh kalah bersaing. Kita harus bernyali dan yakin bisa bersaing," tegasnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2657 seconds (0.1#10.140)