PSSI Kaji Hukuman Pengurangan Poin Imbas Suporter Nekat Tur Tandang

Senin, 17 Juli 2023 - 23:59 WIB
loading...
PSSI Kaji Hukuman Pengurangan Poin Imbas Suporter Nekat Tur Tandang
Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir tengah mengkaji hukuman pengurangan poin untuk klub imbas tindakan suporter yang datang menyaksikan tim main di laga tandang pada kompetisi Liga 1 musim ini / Foto: PSSI
A A A
Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir tengah mengkaji hukuman pengurangan poin untuk klub imbas tindakan suporter yang datang menyaksikan tim main di laga tandang pada kompetisi Liga 1 musim ini. Menurutnya, ini sebagai bentuk efek jera.

Aturan ini diterapkan menyusul transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi Kanjuruhan. Selama transformasi itu FIFA pun memantau langsung kondisi sepak bola Indonesia.

Erick Thohir mengatakan jika ada kerusuhan suporter apalagi melibatkan pendukung kedua tim harus disanksi tegas. Pihaknya akan mengkaji hukuman pengurangan poin untuk klub imbas tindakan suporternya sebagai efek jera.



"Ini yang kami harus dorong ke liga. Kalau ada kerusuhan, timnya dihukum poin. Akan tetapi, ini kan harus ada kesepakatan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)," kata Erick Thohir di Bogor, Minggu (16/7/2023).

Menteri BUMN itu mengatakan FIFA pasti tidak akan tinggal diam jika kerusuhan demi kerusuhan antar suporter terjadi di Indonesia. Kondisi itu bisa saja sepak bola Indonesia mendapatkan sanksi dari FIFA.

"Kalau ada kerusuhan lagi nanti pasti (liga) diberhentikan, (Indonesia) dihukum. Karena itu kenapa kesepakatannya suporter tim tamu tidak boleh dateng," ucapnya.



Erick Thohir mengatakan komitmen mematuhi larangan itu harus dikuatkan lagi selagi Liga 1 2023-2024 baru memasuki pekan ketiga. Hal itu agar tidak ada lagi suporter yang datang ke kandang lawan pada pekan-pekan selanjutnya.

"Kami sudah bikin kesepakatan sesuai dengan kesepakatan FIFA dan pemerintah, Liga, dua tahun ke depan ini dipantau oleh FIFA," ujarnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)