Sejarah Fadillah Arbi, Pembalap Muda Indonesia Juara FIM JuniorGP Barcelona

Selasa, 18 Juli 2023 - 08:45 WIB
loading...
Sejarah Fadillah Arbi, Pembalap Muda Indonesia Juara FIM JuniorGP Barcelona
Fadillah Arbi Aditama menorehkan sejarah balap Indonesia dengan meraih podium tertinggi ajang balap FIM JuniorGP / Foto: AHM
A A A
BARCELONA - Fadillah Arbi Aditama menorehkan sejarah balap Indonesia dengan meraih podium tertinggi ajang balap FIM JuniorGP. Ini pertama kalinya dalam kejuaraan balap di benua Eropa, bendera Merah Putih berkibar paling tinggi diiringi lagu Indonesia Raya pada putaran kelima balap kedua ajang kejuaraan balap dunia junior di Sirkuit Catalunya, Minggu (16/7/2023).

Pada balapan pertama, Arbi tampil dari urutan 26 setelah mendapatkan penalti akibat melambat saat sesi kualifikasi. Meskipun harus memulai balapan dari baris kesembilan tak membuat joki tim Astra Honda Racing Team (AHRT) ini gentar.

Memulai start yang bagus membuat pembalap tim pabrikan PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut berhasil melewati pembalap di depannya. Beberapa kali Arbi sempat mencoba mendekati posisi 10 besar. Namun ia harus puas untuk finis di posisi 18 pada balapan pertama.



Cuaca yang panas dan kelembaban yang tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap. Arbi memulai jalannya balapan kedua dengan posisi yang lebih baik dibanding saat balap pertama, yakni sesuai dengan hasil kualifikasi pada posisi 16. Ia tidak menyia-nyiakan hal ini.

Arbi kembali memulai jalannya balapan dengan sangat baik. Pada race kedua ini, persaingan pembalap sangat rapat, beberapa kali senggolan tak terelakkan dalam ajang balap ini. Arbi terus berjuang pada persaingan posisi 10 besar, dan sempat memimpin saat balapaan menyisakan tujuh lap, namun senggolan membuat Arbi terlempar ke posisi 15.

Memasuki dua lap terakhir, Arbi dapat bersaing di posisi tiga besar. Hal ini pun berlanjut di lap terakhir, perjuangannya semakin ampuh, ia berhasil memimpin balapan. Ketika mendekati garis finis, pemuda berusia 18 tahun asal Purworejo itu hampir bersamaan menyelesaikan balapan dengan rivalnya, secara catatan waktu terpaut 0,005 detik.

Sejarah Fadillah Arbi, Pembalap Muda Indonesia Juara FIM JuniorGP Barcelona




Namun penyelenggara balap menilai pemenang balap tersebut melakukan pelanggaran, sehingga Arbi berhak untuk podium tertinggi. Indonesia Raya berkumandang di FIM JuniorGP Barcelona, Spanyol. "Salah satu hari paling membahagiakan dalam hidup saya. Saya merasa percaya diri dan kuat, sehingga bisa bersaing dengan grup depan dan menjaga konsentrasi tanpa kehilangan ketenangan," ujar Arbi dalam keterangan persnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)