Jadwal Terbaru MotoGP: Ada Tambahan Sesi Latihan Sebelum Kualifikasi 2

Selasa, 18 Juli 2023 - 02:01 WIB
loading...
Jadwal Terbaru MotoGP: Ada Tambahan Sesi Latihan Sebelum Kualifikasi 2
Jadwal Terbaru MotoGP: Ada Tambahan Sesi Latihan Sebelum Kualifikasi 2
A A A
JAKARTA - MotoGP telah merilis jadwal baru yang akan berlaku mulai paruh kedua musim 2023. Perubahan utamanya adalah penambahan sesi latihan di hari pertama yang berfungsi sebagai jalur masuk ke Kualifikasi 2 (Q2).

Sebelumnya, muncul gagasan untuk memberikan sedikit kelonggaran bagi para pembalap dengan tidak mengadakan sesi Latihan 1 pada hari Jumat untuk masuk ke Q2. Namun, rencana tersebut dibatalkan dalam pembahasan di MotoGP Belanda 2023 karena adanya ketidaksetujuan dari Ducati.

Namun, kini Dorna selaku penyelenggara telah mengumumkan bahwa perubahan jadwal dengan format baru akan dimulai pada balapan berikutnya, yaitu GP Inggris 2023 pada 4-6 Agustus mendatang. Penambahan sesi latihan selama 60 menit akan dilaksanakan setelah sesi Latihan Bebas 1 pada hari Jumat, dan waktu dari sesi ini akan menjadi penentu siapa saja yang berhak masuk ke Q2.



"Dari sekarang, kami akan memiliki 1 jam sesi latihan pada hari Jumat untuk masuk ke Q2. Ini adalah jadwal baru yang diberlakukan," tulis pernyataan dari Dorna di Instagram resmi MotoGP, @motogp, pada Senin (17/7/2023).

Dengan perubahan ini, maka hari Jumat akan dimulai dengan sesi Latihan Bebas 1 selama 15 menit. Setelah itu, diikuti oleh sesi "Latihan" selama 60 menit yang akan menentukan 10 pembalap teratas yang berhak masuk ke Q2.

Pada hari Sabtu, sesi Latihan 3 akan berubah namanya menjadi Latihan Bebas 2 dan berlangsung selama 30 menit. Kemudian, Q1 akan dilakukan selama 15 menit, diikuti oleh Q2 dengan durasi yang sama.

Selain itu, balapan Sprint akan dihelat pada sesi terakhir untuk menutup hari Sabtu. Adapun untuk hari Minggu, tidak ada perubahan yang terjadi dan jadwalnya akan berlangsung seperti biasa.

Berikut adalah Jadwal Baru MotoGP:


Jumat:

Pagi: Latihan Bebas 1 (45 menit)

Sore: Latihan (60 menit) *catatan waktunya akan digunakan para pembalap untuk lolos ke Q2
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)