Tinggi Badan Jadi Pertimbangan Seleksi Timnas Indonesia U-17, Indra Sjafri: Posisi Tertentu Minimal 178 Cm

Minggu, 23 Juli 2023 - 07:01 WIB
loading...
Tinggi Badan Jadi Pertimbangan Seleksi Timnas Indonesia U-17, Indra Sjafri: Posisi Tertentu Minimal 178 Cm
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (ketiga kiri), Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri (ketiga kanan), Dirut PT LIB Ferry Paulus (kedua kiri) berfoto bersama calon pemain Timnas sepak bola U-17. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
A A A
DEPOK - Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri, menjelaskan bahwa dalam seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 , terdapat batasan kriteria tinggi badan yang diperhatikan. Namun, hal ini hanya berlaku untuk beberapa posisi tertentu.

Timnas Indonesia U-17, yang juga dikenal sebagai Garuda Asia, saat ini tengah menjalani proses seleksi di Jakarta. Selain itu, PSSI juga melakukan seleksi di 12 kota lainnya untuk menemukan pemain berbakat.

Indra Sjafri menyatakan bahwa untuk beberapa posisi, tinggi badan menjadi salah satu pertimbangan selain kualitas kemampuan. Posisi penjaga gawang, pemain bertahan, dan penyerang, PSSI menetapkan tinggi badan minimal di atas 178 cm.

"Pada posisi tertentu, kami mempertimbangkan tinggi badan. Penjaga gawang, pemain bertahan, dan penyerang, kami meminta tinggi badannya di atas 178 cm," ungkap Indra Sjafri di Depok, Sabtu (22/7/2023).



Sebagai pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri menyatakan bahwa PSSI melaksanakan seleksi pemain dengan cukup detail. Hal ini bertujuan agar Timnas Indonesia U-17 memiliki potensi bersaing di Piala Dunia U-17.

"Pada posisi lainnya, kami memilih pemain berdasarkan kualitasnya. Namun yang utama adalah kemampuan individu dan pemahaman taktikal. Dari sinilah dasar seleksi kami, kemudian kami lihat juga pemahaman mereka tentang taktik tim secara keseluruhan," tambahnya.

Setelah seleksi di 12 kota selesai, para pemain terpilih akan melanjutkan proses seleksi lebih lanjut. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemain yang benar-benar memenuhi kebutuhan Timnas Indonesia U-17.

"Setelah itu, pemain akan mengikuti tes fisik yang diuji ulang oleh Coach Bima (pelatih Timnas Indonesia U-17)," jelas Indra Sjafri.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)