Fadillah Arbi Aditama Hadapi Kendala Tampil di FIM Junior GP World Championship

Selasa, 25 Juli 2023 - 07:34 WIB
loading...
Fadillah Arbi Aditama Hadapi Kendala Tampil di FIM Junior GP World Championship
Fadillah Arbi Aditama Hadapi Kendala Tampil di FIM Junior GP World Championship
A A A
JAKARTA - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama, berbicara mengenai beberapa kendala yang dihadapinya dalam tampil di FIM Junior GP World Championship . Selain cuaca yang berbeda di Eropa, ia juga menyebutkan bahwa beberapa sirkuit memerlukan banyak waktu untuk dipelajarinya.

Fadillah Arbi Aditama memulai debutnya di FIM Junior GP World Championship pada tahun 2022 dan berhasil menempati posisi ke-22 di akhir klasemen dengan total 18 poin.

Tahun 2023 menjadi peningkatan bagi Fadillah Arbi Aditama, karena pada ajang FIM Junior GP World Championship tersebut, ia berhasil mencatatkan sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang meraih podium pertama saat tampil di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol pada Minggu (16/7/2023).



Meski masuk ke musim keduanya, Fadillah Arbi Aditama mengakui bahwa cuaca dingin di Eropa masih menjadi salah satu kendala yang dihadapinya. Ia mengungkapkan bahwa pada musim pertamanya, ia pernah terkena flu akibat perbedaan cuaca, dan sejak itu, ia selalu menyediakan balsem untuk menghadapinya.

"Cuaca di Eropa menjadi tantangan bagi saya, karena di Indonesia cuacanya lebih panas. Pada awal musim, seperti bulan Maret dan April, cuacanya di Eropa masih dingin," ujar Fadillah Arbi Aditama kepada awak media termasuk SINDOnews pada Senin (24/7/2023).

Namun, ia juga mengungkapkan bahwa pada musim keduanya, tubuhnya mulai terbiasa dengan cuaca di Eropa sehingga dapat beradaptasi lebih cepat.

"Pada musim kedua, tubuh saya mulai terbiasa dan adaptasi lebih cepat," tambahnya.

Selain cuaca dingin, Fadillah Arbi Aditama menyatakan bahwa ada beberapa sirkuit yang masih perlu ia pelajari dengan lebih baik. Salah satunya adalah Sirkuit Estoril yang hanya digunakan sekali dalam satu musim.

"Di dunia balap, terdapat beberapa sirkuit yang perlu saya pelajari lebih banyak. Misalnya Sirkuit Estoril yang hanya digunakan sekali dalam satu tahun. Selain itu, ada sirkuit-sirkuit World Grand Prix lain yang belum pernah saya rasakan," ungkapnya.

Fadillah Arbi Aditama akan kembali ke Spanyol pada tanggal 14 Agustus 2023 untuk bertanding di Sirkuit Aragon pada tanggal 8 Oktober 2023 mendatang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3023 seconds (0.1#10.140)