6 Fakta Menarik Floyd Mayweather Jr, Pernah Telan Kekalahan Kontroversial di Ring Tinju

Kamis, 27 Juli 2023 - 17:10 WIB
loading...
A A A
Memiliki ayah seorang petinju maka tidak begitu mengherankan jika Floyd Mayweather Jr sudah dikenalkan dengan olahraga tinju sejak dini. Bahkan, seperti dikutip laman Rookie Road, Floyd Mayweather Sr sudah melatih anaknya itu bertinju ketika bisa mulai berjalan.

Saat berusia 7 tahun, Mayweather Jr sudah mengenakan sarung tinju pertamanya untuk bersaing di dalam ring tinju. Karena memiliki tubuh yang kecil dan kecepatannya yang dahsyat, Mayweather Jr pun mendapatkan julukan "Little Floyd". Mayweather Sr pun tercatat sebagai pelatih Mayweather Jr hingga tahun 2000.

3. Atlet dengan Bayaran Tertinggi

6 Fakta Menarik Floyd Mayweather Jr, Pernah Telan Kekalahan Kontroversial di Ring Tinju
(Foto: Instagram @floydmayweather)

Prestasi dan kesuksesan Mayweather Jr di dalam ring tinju pun berdampak pada kondisi finansialnya. Tidak salah jika Mayweather Jr berjuluk The Money. Pasalnya, Forbes mencatat namanya sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia beberapa kali sepanjang kariernya.

Dia juga keluar dari industri ini sebagai petinju dengan bayaran tertinggi sepanjang masa. Bahkan, pada periode 2010-2019, dia berhasil menghasilkan kekayaan hingga USD915 juta atau lebih dari Rp13,7 miliar. Dia mencapai semua ini sendirian, tanpa pembayaran dari pemilik tim atau kesepakatan sponsor yang menguntungkan.

4. Pernah Menelan Kekalahan di Ring Tinju

6 Fakta Menarik Floyd Mayweather Jr, Pernah Telan Kekalahan Kontroversial di Ring Tinju
(Foto: LA Times)

Menyematkan julukan TBE alias The Best Ever, Mayweather Jr nyatanya pernah menelan kekalahan saat bertarung di dalam ring tinju. Memang kekalahan ini bukan di level profesional, namun di tingkat amatir.

Kekalahan Mayweather Jr itu terjadi pada ajang Olimpiade Atlanta 1996. Banyak yang menyangsikan kekalahan Mayweather Jr tersebut, karena dia ada di atas rata-rata petinju Olimpiade lainnya.

Dalam pertandingan melawan Serafim Todorov dari Bulgaria di kelas bulu, wasit Hamad Hafaz Shouman dari Mesir menduga Mayweather Jr memenangkan pertarungan dan mengangkat tangannya. Namun, ternyata yang terjadi sebaliknya, ketiga juri memberikan skor 10-9 untuk kemenangan Serafim Todorov.

Pada akhirnya, Mayweather Jr menyudahi perjalanannya di Olimpiade Atlanta 1996 dengan sumbangan medali perunggu buat Amerika Serikat. Kekalahan di Olimpiade ini juga menjadi titik balik dalam karier Mayweather Jr, saat dia memutuskan untuk menjadi atlet profesional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)