Permak Filipina 3-0, Timnas Voli Putra Indonesia Masih Perlu Perbaiki Service

Minggu, 30 Juli 2023 - 13:17 WIB
loading...
Permak Filipina 3-0, Timnas Voli Putra Indonesia Masih Perlu Perbaiki Service
Tuan rumah Filipina harus menelan pil pahit ketika menghadapi tim nasional bola voli putra Indonesia, Sabtu, 29 Juli 2023. / Foto: PBVSI
A A A
CITY OF SANTA ROSA - Tuan rumah Filipina harus menelan pil pahit ketika menghadapi tim nasional bola voli putra Indonesia, Sabtu, 29 Juli 2023. Mereka dibantai dengan skor telak 0-3 (20-25, 22-25, 20-25) pada laga kedua putaran kedua SEA V League 2023.

Bermain di Santa Rosa Sports Complex, City of Santa Rosa, Filipina, tim Merah-Putih tampil apik di awal set pertama. Namun, perlahan-lahan sang tuan rumah bisa memberikan perlawanan hingga kejar-kejaran skor terjadi di pertengahan laga. Beruntung di poin-poin kritis Indonesia bermain lebih efektif sehingga bisa menang dengan skor 25-20.

Pertarungan ketat kembali terjadi di set kedua. Indonesia yang sempat unggul 20-17 berkat variasi serangan ciamik Farhan Halim dan kolega, bisa dikejar Filipina di angka 21-22. Akan tetapi, lagi-lagi mereka bisa tampil cemerlang di poin-poin kritis hingga sukses mengamankan kemenangan dengan skor 25-22.



Pada set ketiga, tim besutan Jeff Jiang Jie itu kembali mendominasi dengna unggul 9-5, tetapi Filipina lagi-lagi bisa mengejar di angka 13-12. Namun, Indonesia mampu menemukan sentuhan terbaik mereka lagi sehingga bisa menjauh dengan keunggulan 20-16, dan akhirnya menutup laga dengan skor 25-20.

Asisten pelatih Indonesia, Erwin Rusni mengaku cukup puas dengan performa skuatnya. Kendati demikian, dia menilai masih ada kesalahan-kesalahan sendiri yang perlu diperbaiki, khususnya dari segi service.

"Alhamdulilah cukup puas dengan pertandingan hari ini, walaupun masih ada beberapa kali error terutama dari service," ungkap Erwin dikutip dari rilis PBVSI, Minggu (30/7/2023).

Erwin mengungkapkan bahwa kondisi fisik para pemainnya perlahan mulai membaik setelah sempat kelelahan karena menjalani jadwal pertandingan yang padat. Dia pun berharap mereka bisa tampil maksimal menghadapi laga terakhir putaran kedua SEA V League 2023 kontra Thailand.

"Kondisi para pemain sendiri sedikit-sedikit mulai membaik karena mungkin faktor jadwal juga cukup melelahkan. Jadwal memang padat dari Taiwan terus Jakarta dan sekarang di Filipina, mudah-mudahan lawan Thailand kondisi tim makin membaik," harap Erwin.

Sementara itu, hasil positif atas Filipina itu membuat Indonesia bertengger di puncak klasemen dengan torehan enam poin dengan enam set kemenangan, dan hanya kehilangan satu set saja ketika melawan Vietnam. Mereka unggul tiga poin atas Thailand yang membuntuti di posisi kedua dengan catatan lima set menang dan lima set kalah.



Laga Indonesia dan Thailand bakal menjadi penentu gelar juara putaran kedua SEA V League 2023. Yang jelas, tim Merah-Putih dalam posisi yang lebih diunggulkan untuk kembali menyabet titel, setelah berhasil juara putaran pertama di Bogor pada akhir pekan lalu.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2606 seconds (0.1#10.140)