Timnas Basket Indonesia Terancam Tanpa Derrick Michael Xzavierro di Asian Games 2022

Senin, 31 Juli 2023 - 05:05 WIB
loading...
Timnas Basket Indonesia Terancam Tanpa Derrick Michael Xzavierro di Asian Games 2022
Derrick Michael Xzavierro
A A A
JAKARTA - Kabar buruk menghampiri dunia basket Indonesia, Derrick Michael Xzavierro, berpotensi absen memperkuat Timnas Basket Indonesia pada Asian Games 2022. Alasannya, Derrick harus fokus bersama tim universitasnya di Amerika Serikat, Grand Canyon University (GCU).

Kabar tersebut diungkapkan oleh Derrick saat ditemui seusai sesi latihan Timnas Indonesia di GBK Arena, Senayan, Jakarta Selatan, pada Minggu (30/7/2023). Pebasket berusia 20 tahun ini terlihat absen dari latihan yang dimulai pukul 16:00 hingga 18:00 WIB tersebut.



Grand Canyon Antelopes, tim basket GCU, saat ini bermain di divisi 1 NCAA. Derrick menyatakan bahwa kemungkinan besar jadwal pertandingan Timnas Indonesia dan timnya akan bentrok, termasuk pada Asian Games yang dijadwalkan berlangsung dari 23 September hingga 8 Oktober 2023.

"Iya, jadwal pasti akan bentrok. Saat Asian Games nanti, jadwal akan bertabrakan. Beberapa event juga akan bertabrakan karena saya memiliki jadwal musim bersama GCU," ungkap Derrick kepada media termasuk MNC Portal Indonesia, pada Minggu (30/7/2023).

"Jadi, saya tidak akan ikut (Asian Games 2022) karena jadwalnya bentrok. Asian Games berlangsung di bulan September, dan musim (GCU) juga baru akan dimulai," tambahnya.

Derrick menjelaskan bahwa pramusim persiapan untuk musim NCAA divisi 1 yang akan dimulai pada bulan September sudah akan segera dimulai. Oleh karena itu, ia kemungkinan besar akan fokus bersama GCU dan absen bermain untuk Timnas Indonesia di Asian Games 2022.

"Pelatih juga sudah mengetahui dan memahami situasiku," jelas Derrick.

Pemain berpostur lebih dari dua meter ini menyatakan bahwa ia ingin lebih fokus pada tim GCU pada musim ini. Hal ini dikarenakan pada tahun lalu, ia menjalani status redshirt atau istirahat selama semusim tanpa bermain di pertandingan resmi.

"Aku kemarin, kan, redshirt (menghabiskan seluruh musim olahraganya untuk mempertahankan kelayakan satu tahun, red) jadi tahun lalu enggak main. Jadi, aku sekarang lebih fokus untuk sekolah dan main di D1 (divisi 1 NCAA)," tutur Derrick.

"Mimpiku bermain di NBA. Saya rasa dengan bermain di sana (D1 NCAA), jadi selangkah lebih dekat ke mimpi itu. Jadi, aku mau fokus di sana. Akan tetapi, kalau jadwal tidak bentrok (dengan timnas) pastinya aku akan datang," pungkas Derrick.

Meskipun dirinya kemungkinan absen pada Asian Games 2022 September mendatang, Derrick Michael Xzavierro tetap dipastikan akan bermain dalam test event awal Agustus mendatang. Ajang tersebut akan digelar di Indonesia Arena dari tanggal 2 - 5 Agustus 2023.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3860 seconds (0.1#10.140)