Presiden Jokowi Bangga Perjuangan Timnas Garuda

Senin, 19 Desember 2016 - 16:38 WIB
Presiden Jokowi Bangga Perjuangan Timnas Garuda
Presiden Jokowi Bangga Perjuangan Timnas Garuda
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kerja keras seluruh pemain dan ofisial tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia di Piala AFF 2016. Kendati belum berhasil membawa pulang lambang supremasi tertinggi sepak bola Asia Tenggara dalam gelaran kali ini, Presiden meyakini rakyat Indonesia bangga melihat semangat juang yang ditunjukkan Boaz Solossa dkk.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pemain, pelatih, PSSI, dan timnas Garuda. Seluruh rakyat yang menyaksikan pada malam hari itu betul-betul memberikan dukungan yang luar biasa," ujar Jokowi saat menjamu tim nasional Indonesia untuk makan siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/12/2106).

Dalam rilis yang dilayangkan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, kepada Sindonews.com, turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

"Walaupun kita tidak berhasil membawa Piala AFF 2016, tapi semangat juang dan kerja keras mati-matian yang ditunjukkan seluruh pemain membuat kita semua merasa bangga," imbuh Jokowi.

Keberhasilan tim nasional melangkah ke babak final Piala AFF 2016 sangat mengejutkan, mengingat minimnya waktu persiapan. Apalagi itu merupakan penampilan internasional resmi pertama setelah Indonesia mendapatkan sanksi dari FIFA. Sebab itu Presiden meminta kepada seluruh pihak untuk bersama mengambil pelajaran berharga yang didapat dari kekalahan kali ini sebagai persiapan untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya.

"Saya berharap Saudara-saudara semuanya tidak patah arang. Saya kira kita bisa mengambil hikmah, mengambil pelajaran dari kekalahan ini, dan mempersiapkan untuk kompetisi yang akan datang. Karena yang penting bukan masalah kalah atau menang, tetapi pelajaran di balik itu," terangnya.

Kebanggaan terhadap tim nasional tak berhenti sampai di sana. Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga membanggakan tim nasional Indonesia yang meskipun berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda, namun tetap dapat menunjukkan persatuan dan kekompakannya. Perbedaan dan keragaman inilah yang sering disinggung Presiden Joko Widodo sebagai kekuatan utama bangsa Indonesia.

"Kita lihat timnas Garuda ini betul-betul bisa menyatukan bangsa kita, menunjukkan kekuatan dan persatuan, serta menunjukkan kebhinnekatunggalikaan kita. Perbedaan, kemajemukan, dan keberagaman itu menjadi sebuah sumber kekuatan bangsa kita," pujinya.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga memberikan dukungan dan apresiasi pemerintah terhadap perjuangan para putra bangsa di Piala AFF 2016. Presiden telah menginstruksikan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk memberikan bonus bagi para pemain tim nasional. Besaran yang didapat untuk tiap pemain senilai Rp200 juta. (Baca juga: Sore Ini Pemerintah Cairkan Bonus Rp200 Juta per Pemain Skuat Garuda).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1936 seconds (0.1#10.140)