Crawford Mau Duel Ulang Spence: Tak Harus di Atas Kelas 66,6 Kg

Senin, 31 Juli 2023 - 09:09 WIB
loading...
Crawford Mau Duel Ulang Spence: Tak Harus di Atas Kelas 66,6 Kg
Crawford Mau Duel Ulang Spence: Tak Harus di Atas Kelas 66,6 Kg/Boxing Scene
A A A
Juara kelas welter tak terbantahkan Terence Crawford ingin segera duel ulang dengan Errol Spence Jr tapi tidak harus bertarung di atas kelas 66,6 kilogram. Terence Crawford dengan senang hati akan memberikan pertarungan ulang secepatnya kepada Errol Spence Jr. yang secara kontrak terikat dengan dirinya di kelas menengah junior 69,8 kg. "Ini jelas tidak harus terjadi di 66,6 kg,''kata Crawford ketika ditanya tentang pertandingan ulang mereka selama konferensi pers pasca pertandingan.

Errol Spence Jr tidak ingin menempatkan tubuhnya yang berusia 33 tahun ini melalui proses yang berliku untuk kembali turun ke berat badan 66,6 kilogram. Petinju kidal ini merasa dirinya akan menjadi petarung yang lebih segar di kelas menengah junior dan akan memiliki kesempatan lebih baik untuk mengalahkan Crawford dalam pertarungan kedua mereka jika dipertandingkan di batas berat badan divisi tersebut, yaitu 69,8 kg.



Terence Crawford, 35 tahun, mengakui setelah penampilannya yang dominan pada Sabtu malam lalu, bahwa ia juga mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badannya ke kelas 66,6 kilogram untuk pertarungan penyatuan gelar 12 ronde yang telah lama ditunggu-tunggu di T-Mobile Arena. Sebagai pihak yang kalah dalam laga utama Showtime Pay-Per-View mereka, Spence memiliki hak kontrak untuk melaksanakan klausul pertandingan ulang dalam waktu 30 hari setelah Sabtu malam.

Sebagai pemenang, Crawford dapat menentukan berat badan yang akan digunakan dalam pertarungan keduanya. Setelah menjatuhkan Spence tiga kali dan menghentikannya pada ronde kesembilan dalam pertarungan yang berat sebelah, Crawford (40-0, 31 KO) sangat yakin bahwa ia dapat mengalahkan Spence dengan mudah di kelas yang lebih tinggi.

"Seperti yang saya katakan, Anda tahu, saya sedang terluka. [Membuat] 66,6 kg juga cukup sulit bagi saya. Saya sudah berbicara tentang menaikkan divisi dan menantang [Jermell] Charlo. Jadi, 69,8 kg tidak akan berada di luar jangkauan apa pun,"ujarnya.

Crawford, yang memulai kariernya di kelas ringan dengan berat badan 61,2 kilogram 15 tahun yang lalu, telah berkompetisi di kelas welter sejak bulan Juni 2018. Mantan juara kelas welter junior tak terbantahkan ini telah mengalahkan delapan lawannya di kelas welter melalui KO atau teknikal KO sejak ia naik dari 63,5 kg ke 66,6 kg lima tahun lalu.

Crawford tidak bertarung di kelas 63,5 kg lagi setelah ia memukul KO petinju Namibia, Julius Indongo (saat itu 22-0) pada ronde ketiga untuk menjadi juara dunia di divisi tersebut pada bulan Agustus 2017. Dia tampaknya lebih dari bersedia untuk melepaskan sabuk IBF, WBA, WBC dan WBO-nya lagi setelah dia dinobatkan sebagai juara kelas welter tak terbantahkan pertama dalam tinju di era empat sabuk.



Sebelum Crawford mengonfirmasi bahwa ia akan menghadapi Spence di kelas 69,8 kg, Spence mengindikasikan bahwa ia harus berpikir panjang dan keras untuk bertinju di divisi kelas welter lagi. "Ini adalah sesuatu yang harus saya bicarakan dengan manajemen saya," kata Spence, "tapi semoga saja itu di kelas 69,8 kg."

Kecuali satu pertarungan melawan Chris van Heerden hampir delapan tahun yang lalu, Spence (28-1, 22 KO) telah bertinju pada atau mendekati berat badan maksimum kelas welter sepanjang 10½ tahun karier profesionalnya. Warga DeSoto, Texas, ini mengatakan setelah mengalami kekalahan yang mengejutkan dari Crawford, bahwa tubuhnya tidak terasa sama pada Sabtu malam itu, seperti yang terjadi pada beberapa kesempatan sebelumnya, saat ia mengalami rehidrasi setelah menurunkan berat badannya menjadi 66,6 kilogram.

"Maksud saya, itu selalu sulit," kata Spence. "Namun seperti yang saya katakan, saya tidak mencari-cari alasan. Pria yang lebih baik menang malam ini."
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)