5 Petinju Muslim Eropa Terbaik Sepanjang Sejarah, Ada Legenda Kelas Bulu Asal Inggris

Senin, 07 Agustus 2023 - 19:02 WIB
loading...
5 Petinju Muslim Eropa Terbaik Sepanjang Sejarah, Ada Legenda Kelas Bulu Asal Inggris
Lima petinju muslim Eropa terbaik sepanjang masa akan dibahas dalam artikel ini / Foto: Kolase
A A A
Lima petinju muslim Eropa terbaik sepanjang masa akan dibahas dalam artikel ini. Salah satu dari mereka ada yang dinobatkan sebagai petinju kelas bulu terbaik sepanjang masa.

Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal petinju muslim yang berasal dari Amerika Serikat. Sebut saja seperti Mike Tyson, Muhammad Ali, hingga Bernard Hopkins. Rupanya petinju muslim tidak hanya datang dari daratan Amerika saja.

Terdapat juga petinju beragama Islam yang datang dari Benua Biru. Penasaran dengan siapa saja sosoknya? Simak ulasan berikut.


5 Petinju Muslim Eropa Terbaik

1. Badou Jack

Petinju berjuluk The Ripper yang berasal dari Stockholm, Swedia, ini memulai karier tinju amatir sejak usia 18 tahun. Di negara asalnya, Badou sempat dinobatkan menjadi petinju terbaik karena berhasil memenangkan kejuaraan nasional lima kali berturut-turut.

Sedangkan dalam karier profesionalnya, Badou sempat mempertahankan gelar WBC selama tiga kali. Dia juga pernah menjadi juara kelas ringan WBA. Sepanjang kariernya, pria 39 tahun ini telah mencatatkan 28 kemenangan dan 3 kali kalah.

2. Amir Khan

Petinju yang punya nama lengkap Amir Iqbal Khan ini berasal dari Bolton, Inggris. Peria yang lahir pada tahun 1986 tersebut pernah mencapai rekor 101 kemenangan sepanjang karier amatir. Dia juga pernah mendapat emas di Olimpiade Junior, dan memenangkan kejuaraan pelajar Eropa.

Setelah memasuki karier profesional, Amir sempat memenangkan gelar kelas ringan WBA di tahun 2008. Petinju berjuluk King Khan ini juga sempat memenangkan gelar WBO inter-Continental di tahun yang sama. Selain itu, dia juga sempat memboyong gelar welter ringan IBF dan welter ringan WBC. Sepanjang kariernya, petinju Inggris ini telah mencatatkan 34 kemenangan dan 6 kali kalah.


3. Naseem Hamed

Petinju yang lahir di Sheffield, Inggris ini mulai memasuki karier profesional pada tahun 1992. Sepanjang kariernya, sang Pangeran telah berhasil memenangkan tiga gelar yakni WBC, WBO, dan IBF. Gelar-gelar itu mampu dipertahankannya selama 15 kali.

Pada tahun 2015, namanya masuk ke dalam International Hall of Fame, sebagai petarung berpengalaman dan dinobatkan sebagai petinju kelas bulu terbaik sepanjang masa oleh BoxRec.

4. Artur Beterbiev

Pria kelahiran 1985 ini berasal dari Dagestan, Rusia. Petinju berusia 38 tahun ini masih belum terkalahkan di kelas berat ringan. Telah banyak prestasi dan gelar sepanjang karier profesionalnya.

Prestasi paling menonjolnya datang pada Oktober 2017 ketika ia merebut gelar juara dunia WBA kelas ringan. Petinju Rusia ini juga berhasil menyabet dan mempertahankan gelar juara IBF di tahun 2019.

5. Selcuk Aydin

Terakhir ada nama petinju asal Trabzon, Turki yang pernah berkompetisi di kelas welter ringan sepanjang tahun 2001-2006. Aydin mengemas 39 pertandingan dengan 29 kemenangan dan 22 KO, serta tiga kekalahan.

Pada periode itu, ia memenangkan gelar kelas welter WBC International yang kosong, yang ia pertahankan empat kali. Dia memenangkan gelar kelas welter WBC Silver Eropa dan kosong dengan satu pertahanan. Dalam tiga tahun terakhir karirnya, dia memenangkan gelar kelas welter ringan interim PABA yang kosong dan gelar kelas welter ringan Mediterania WBC yang kosong.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2504 seconds (0.1#10.140)