7 Petinju yang Pernah Mengalahkan Floyd Mayweather Jr di Ring Tinju

Kamis, 10 Agustus 2023 - 12:10 WIB
loading...
7 Petinju yang Pernah Mengalahkan Floyd Mayweather Jr di Ring Tinju
Meski kariernya tampak begitu sempurna, namun ternyata Floyd Mayweather Jr pernah menerima sejumlah kekalahan, tepatnya saat masih berada di tinju amatir. / Foto: Instagram @floydmayweather
A A A
LAS VEGAS - Floyd Maywether Jr dikenal sebagai salah satu petinju terhebat sepanjang sejarah. Dia mengakhiri karier profesionalnya dengan rekor tak terkalahkan dan banyak meraih gelar juara dunia.

Meski kariernya tampak begitu sempurna, namun ternyata Mayweather Jr pernah menerima sejumlah kekalahan, tepatnya saat masih berada di tinju amatir. Seperti diketahui, petinju kelahiran Grand Rapids, Amerika Serikat, 24 Februari 1977 itu memulai kariernya dari amatir, sebelum terjun ke kancah profesional.

Selama menjalani karier amatirnya, Mayweather Jr beberapa kali merasakan kekalahan dari lawannya. Kali terakhir, dia tumbang oleh petinju Bulgaria, Serafim Todorov di ajang Olimpiade 1996.



Lantas, siapa sajakah petinju yang mengalahkan Floyd Mayweather Jr di karier amatirnya? Mengutip data Boxrec, berikut beberapa di antaranya.

Petinju yang Pernah Kalahkan Floyd Mayweather Jr di Karier Amatir


7 Petinju yang Pernah Mengalahkan Floyd Mayweather Jr di Ring Tinju
(Foto: Daily Mail)

1. Martin Castillo


Pada awal karier tinju amatirnya, Mayweather Jr menorehkan hasil gemilang dengan 12 kemenangan beruntun. Namun, rekornya harus pecah ketika ditumbangkan Martin Castillo pada 19 November 1994.

Bertarung di MGM Grand, Grand Garden Arena, Las Vegas, Mayweather Jr harus mengakui keunggulan lawannya. Momen ini menandai kekalahan pertamanya dalam kancah tinju amatir.

2. Carlos Navarro


Pasca kekalahan dari Martin Castillo, Mayweather Jr kembali bertanding pada Januari 1995. Berlangsung di Oregon Convention Center, Portland, event ini bertajuk United States Pan American Games Trials.

Namun, Mayweather Jr kembali kalah. Berhadapan dengan Carlos Navarro, dia harus takluk dengan keputusan angka. Hal ini menandai kekalahan keduanya di karier amatir secara beruntun.

3. Juan Carlos Ramirez


Pada tahun 1995, Mayweather juga pernah bertarung melawan Juan Carlos Ramirez. Berlokasi di Fort Huachuca di Sierra Vista, Arizona, AS, dia harus mengakui keunggulan lawannya.

4. Noureddine Medjhoud


Mayweather Jr pernah mengikuti ajang AIBA World Championship kelas bulu. Pada event ini, dia bertarung mewakili Amerika Serikat.

Mulus di fase pertama, Mayweather Jr harus tumbang di babak kedua. Dia dikalahkan petinju bernama Noureddine Medjhoud dari Aljazair.

5. Tigran Uzlyan


Pada 1 Oktober 1995, Mayweather Jr dijadwalkan bertarung dengan Tigran Uzlyan di Moskow. Bertajuk Russian 100th Anniversary Tournament, dia gugur di babak awal dengan Walkover (WO).

6. Augie Sanchez


Sekitar April 1996, Mayweather Jr mengikuti US Olympic Trials. Sempat memenangkan sejumlah pertandingan, namun dia harus kalah di babak ketiga.

Pada pertarungan yang berlangsung di Kaiser Convention Center, Oakland, Mayweather Jr dikalahkan petinju bernama Augie Sanchez. Meski demikian, dia kemudian bangkit dan mengalahkan Sanchez di pertandingan lain dan lolos Olimpiade.

7. Serafim Todorov


7 Petinju yang Pernah Mengalahkan Floyd Mayweather Jr di Ring Tinju
(Foto: LA Times)

Pertarungannya melawan Serafim Todorov dikatakan sebagai kekalahan terakhirnya di kancah tinju amatir. Momen ini terjadi pada babak semifinal Olimpiade 1996 yang berlangsung di Atlanta.

Sempat mulus di babak-babak awal, Mayweather berjumpa Todorov di fase semifinal. Sayang, dia harus tumbang dengan keputusan angka.

Hasil pertarungan ini menjadi sangat kontroversial. Pasalnya, sang wasit Hamad Hafaz Shouman dari Mesir sempat mengangkat tangan Mayweather Jr, yang menandakan petinju berjuluk The Money ini sebagai pemenang. Namun, akhirnya yang terjadi malah sebaliknya, Todorov yang jadi pemenang.



Itulah sejumlah nama petinju yang pernah mengalahkan Floyd Mayweather Jr di kancah tinju amatir.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)