Perbandingan Rekor Jermell Charlo vs Saul Canelo Alvarez, Adu Kekuatan Juara Tak Terbantahkan

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 19:07 WIB
loading...
A A A
Setelah 3 kali berhasil mempertahakankan gelarnya, termasuk mengalahkan Austin Trout, Charlo akhirnya harus menyerahkan gelarnya kepada Tony Harrison pada 21 Desember 2018. Usai sekali bertarung tanpa mempertaruhkan gelar, akhirnya Charlo merebut kembali mahkota WBC dari Harrison lewat kemenangan KO di ronde ke-11, pada 21 Desember 2019.

Charlo kali pertama mengawinkan gelar WBC dengan IBF dan WBA Super berkat kemenangan KO di ronde kedelapan atas Jeison Rosario pada September 2020.

Sempat bermain imbang dalam upayanya merebut gelar WBO dari Brian Carlos Castano pada Juli 2021, Charlo akhirnya menahbiskan diri sebagai juara kelas welter super tak terbantahkan dengan merobohkan Castano di laga ulang yang berlangsung pada Mei 2022.

Kini, Charlo berpotensi mengikuti jejak Sugar Ray Leonard, Thomas Hearns, dan Roy Jones Jr, yang lompat dua divisi untuk memenangkan gelar dunia. Namun, dia harus menaklukkan Canelo, yang pastinya tidak mudah ditundukkan.

Rekor Saul Canelo Alvarez


Mega bintang tinju asal Meksiko ini selalu menjadi magnet tersendiri ketika tampil di atas ring tinju. Namanya banyak menjadi incaran petinju-petinju elit dunia.

Lahir di Guadalajara, Meksiko, 18 Juli 1990, Canelo menjalani debut tinju profesionalnya pada 29 Oktober 2005 dengan kemenangan TKO atas Abraham Gonzalez.

Memiliki rekor 59-2-2 (39KO), Canelo kali pertama merebut gelar dunia pada Maret 2011. Dia mengalahkan petinju Inggris, Matthew Hatton guna meraih sabuk juara dunia kelas welter super versi WBC.

Dia pun berhasil mempertahankan gelarnya itu dalam 5 kali pertarungan, termasuk mengalahkan Shane Mosley. Canelo pada April 2013 sukses menumbangkan Austin Trout untuk mengunifikasi gelar WBC dan WBA.

Perbandingan Rekor Jermell Charlo vs Saul Canelo Alvarez, Adu Kekuatan Juara Tak Terbantahkan
(Foto: Instagram @canelo)

Sayangnya, 5 bulan kemudian, Canelo kehilangan kedua sabuk juara dunia itu usai mengakui ketangguhan Floyd Mayweather Jr. Dalam laga yang ketat ini, Canelo menderita kekalahan angka majority decision.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)