Hari II Tes Jerez: Aprilia Menggeliat di Tengah 4 Kecelakaan

Jum'at, 27 Januari 2017 - 00:01 WIB
Hari II Tes Jerez: Aprilia Menggeliat di Tengah 4 Kecelakaan
Hari II Tes Jerez: Aprilia Menggeliat di Tengah 4 Kecelakaan
A A A
JEREZ - Usai memimpin daftar catatan waktu tercepat pada hari I tes pramusim I Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2017 di Sirkuit Jerez, Spanyol. Jonathan ‘Jhonny’ Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) kembali menjadi yang terdepan pada hari kedua dengan mempertajam torehannya. Akan tetapi, beberapa insiden tidak diinginkan terjadi.
Jonathan Rea (Kawasaki WSBK Racing Team) pada hari II tes pramusim I Superbike (WSBK) 2017 di Sirkuit Jerez. (Foto-WSBK) 2
Ya, seperti dilaporkan Motorsport. Sejumlah kecelakaan mewarnai jalannya tes hari kedua pada Rabu (25/1) waktu setempat, termasuk Rea yang terjatuh di tikungan 3. Dia sempat dibawa ke Medical Centre untuk pemeriksaan, dan kondisi fisik juara dunia dua musim belakangan itu dinyatakan fit.
Motor Kawasaki ZR-10RR yang digeber Tom Sykes kala mengalami kecelakaan pada hari II tes pramusim I Superbike (WSBK) 2017 di Jerez. (Foto-WSBK)
Kendati demikian, insiden kecelakaan tersebut tak mempengaruhi sang pembalap. Menggeber motor Kawasaki ZX-10RR, Rea mampu mencetak catatan waktu tercepat 1 menit 39,809 detik. Dia juga sekali lagi mengungguli rekan setimnya Tom Sykes, yang berada di posisi ketiga dengan selisih 0,410 detik. Adapun Sykes mencatatkan dirinya sebagai pembalap pertama yang mengalami insiden kecelakaan pada hari kedua tes ini.

Yang tak disangka ialah Lorenzo Savadori tampil impresif. Tidak hanya melahap lebih dari 70 lap, pembalap Milwaukee Aprilia Team itu cuma terpaut 0,111 detik di belakang Rea. Dengan catatan waktu 1 menit 39,920 detik, maka sekaligus menjadi indikasi jelas akan potensi Aprilia RSV4 di World Superbike 2017.

Sementara rekan setimnya, Eugene Laverty, meraih hasil kurang memuaskan. Dia berada di posisi ke-14 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 41,886 detik. Mantan pembalap MotoGP yang kembali lagi ke WSBK itu bahkan sempat terlibat insiden tabrakan dengan Randy Krummenacher (Tim Kawasaki Puccetti Racing). Namun, kedua pembalap tak mengalami cedera serius.

Sedang Marco Melandri (Aruba.it Racing – Ducati) tampil mengesankan dengan mengakhiri tes pramusim Jerez di posisi keempat, di depan rekan setimnya Chaz Davies. Kedua pembalap masih fokus untuk melanjutkan update pada Panigale R.

Kembali mengendarai Honda CBR1000RR Fireblade SP, Nicky Hayden menempati posisi keenam dengan catatan waktu terbaik 1 menit 40,548 detik. Stefan Bradl berada tak jauh dari rekan setimnya itu. Dia menempati posisi kesembilan, tapi catatan waktunya ini meningkat dari hari pertama.

Alex Lowes, yang terus melanjutkan peningkatan dan pengembangan Yamaha YZF-R1, total melahap 83 lap. Pembalap Inggris itu membawa Pata Yamaha Official WorldSBK Team di posisi ketujuh. Rekan setim anyarnya, Michael van der Mark, mengamankan posisi 10 besar dengan catatan waktu terbaik 1 menit 41,450 detik.
Jordi Torres (Atlhea BMW Racing Team) absen di sisa hari II tes pramusim I Superbike (WSBK) 2017 di Sirkuit Jerez. (Foto-WSBK)
Sementara itu, ada satu pembalap yang tak mampu melanjutkan sisa waktu hari kedua tes ini. Dia adalah rider tim Atlhea BMW Racing Team, Jordi Torres, yang divonis cedera siku pasca mengalami kecelakaan pada awal hari.
Hasil tes pramusim I Superbike (WSBK) 2017 Jerez hari kedua. (Foto-Motorsport)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5100 seconds (0.1#10.140)