Roberto Mancini Resmi Tinggalkan Kursi Pelatih Timnas Italia, Siapa Penggantinya?

Minggu, 13 Agustus 2023 - 22:32 WIB
loading...
Roberto Mancini Resmi Tinggalkan Kursi Pelatih Timnas Italia, Siapa Penggantinya?
Juru taktik timnas Italia, Roberto Mancini resmi mundur dari jabatannya. / Foto: Instagram @mrmancini10
A A A
ROMA - Kabar mengejutkan datang dari tim nasional Italia. Juru taktik timnas Italia, Roberto Mancini resmi mundur dari jabatannya.

Mancini diketahui telah mengirim surat ke Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) terkait pengunduran dirinya pada Sabtu (12/8/2023). FIGC pun menghormati keputusan Mancini yang memutuskan untuk mundur kendati kontraknya masih tersisa hingga 2026.

"Federasi mengumumkan telah menerima pengunduran diri Roberto Mancini sebagai pelatih tim nasional Italia , yang diterima kemarin malam," bunyi pernyataan resmi FIGC yang dilansir dari Football Italia, Minggu (13/8/2023).



Untuk saat ini, FIGC akan mencari pengganti sementara kursi kepelatihan timnas Italia. Pasalnya, Gli Azzurri akan menghadapi agenda penting seperti kualifikasi Euro 2024.

"Mengingat pertandingan penting dan dekat dalam kualifikasi UEFA Euro 2024, nama CT baru akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan," jelas FIGC.

Rumor hengkangnya Mancini mencuat sejak beberapa waktu lalu. Salah satu alasan utamanya mantan pelatih Manchester City itu gagal membawa timnas Italia tampil di Piala Dunia 2022, dan hanya finis di posisi tiga UEFA Nations League 2023.

Akhirnya, sekarang Mancini benar-benar keluar dari timnas Italia. Tak salah jika ada yang berspekulasi kalau ini sebagai konsekuensinya yang gagal membawa Gli Azzurri lebih baik.

Namun, terlepas dari itu, Mancini yang menukangi timnas Italia sejak 2018 berhasil mencatatkan rekor dan prestasi yang ciamik. Dia berhasil membawa Gli Azzurri juara Euro 2020 dengan menundukkan Inggris. Dia meninggalkan Timnas Italia dengan catatan 39 kemenangan, 13 imbang, dan sembilan kekalahan.



Menarik untuk disimak siapakah sosok yang akan menggantikan peran Mancini di timnas Italia. Nama mantan pelatih Napoli, Luciano Spalletti sempat mencuat, lantaran saat ini tengah menganggur usai membawa Partenopei juara Liga Italia 2022/2023.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)