Atlet Biliar Malang Tak Perlu Khawatir, Ada Anggaran Khusus Kompetisi Luar Daerah

Rabu, 16 Agustus 2023 - 12:17 WIB
loading...
Atlet Biliar Malang Tak Perlu Khawatir, Ada Anggaran Khusus Kompetisi Luar Daerah
Atlet biliar asal Malang menjuarai POBSI Cup Pelajar Mahasiswa seri Malang (Avirista Midaada / MPI)
A A A
MALANG - Prestasi gemilang yang diraih oleh atlet-atlet cabor biliar dari Kota Malang dalam POBSI Cup Pelajar Mahasiswa 2023 telah menjadikan cabang olahraga ini sebagai salah satu unggulan. Dukungan penuh dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang pun menjadi pemicu semangat untuk meraih gelar juara umum dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur yang akan digelar pada Oktober 2023.

Hariyono, yang bertanggung jawab dalam audit internal KONI Kota Malang, mengungkapkan bahwa target juara umum di Porprov Jawa Timur didasarkan pada prestasi gemilang yang diperoleh oleh Rifky Mubarak dan para atlet biliar potensial lainnya selama berkompetisi dalam turnamen POBSI Cup Pelajar Mahasiswa 2023 seri Malang.

"Kami berharap prestasi para juara dapat memberikan dorongan yang kuat untuk Porprov di Mojokerto. Selain itu, atlet-atlet lain dari cabor POBSI Kota Malang diharapkan dapat membawa tren positif dalam kejuaraan ini. Terlebih, ada beberapa yang akan mewakili kita dalam final di Jakarta bulan depan," ungkap Hariyono saat dihubungi pada Rabu (16/8/2023).



Komitmen penuh dari KONI Kota Malang untuk mendukung cabor biliar tercermin dalam dukungan moril dan materiil. Terlebih lagi, cabang biliar merupakan salah satu dari tiga cabor unggulan dari Kota Malang. Dengan dukungan ini, diharapkan para atlet yang berkompetisi di luar daerah tidak perlu khawatir mengenai anggaran untuk akomodasi dan pelatihan.

"Ya, memang ada dukungan anggaran atau dana dari KONI Kota Malang untuk kompetisi di luar kota atau daerah. Namun, pendanaannya tetap proporsional, mengingat sebagai juara umum dalam Porprov sebelumnya, penganggaran yang diberikan cukup memadai," jelas Hariyono.

"Penentuan anggaran didasarkan pada perolehan medali, dan karena prestasi juara umum sebelumnya, kami telah memberikan dukungan yang sesuai, terutama dalam hal pembinaan yang juga telah kami alokasikan untuk cabor-cabor unggulan Kota Malang," tambahnya.

Di sisi lain, Ketua Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kota Malang, Herman Winoto, juga memiliki target yang sama untuk cabor biliar, yakni meraih gelar juara umum dan menyumbangkan medali emas bagi Kota Malang di Porprov Jawa Timur. Terlebih lagi, keberhasilan salah satu atletnya meraih gelar juara dalam seri kedua POBSI Cup Pelajar Mahasiswa Malang.

"Hasil yang sangat baik yang kami raih memberikan semangat baru bagi kami untuk terus meningkatkan prestasi dalam event-event mendatang. Prestasi ini juga bisa menjadi inspirasi bagi rekan-rekan atlet yang belum meraih prestasi, dan semangat ini tentu semakin bertambah karena melihat kompatriot-nya meraih juara dalam event ini," kata Herman.

Sebelumnya, Rifky Mubarak berhasil meraih gelar juara pada turnamen POBSI Cup Pelajar Mahasiswa 2023 seri Malang, dalam pertandingan melawan Dardy dengan skor 6-5 yang berlangsung selama 1 jam 15 menit di Amorty Training Ground, Kota Malang pada Selasa petang (15/8/2023).

Kota Malang dipilih sebagai tuan rumah kedua dari empat seri penyelenggaraan POBSI Cup Pelajar Mahasiswa 2023 oleh Persatuan Olahraga Billar Seluruh Indonesia (POBSI) pusat. Turnamen seri Malang ini diikuti oleh 50 atlet, berlangsung mulai dari Minggu (13/8/2023) hingga Selasa (15/8/2023). Pada hari Selasa tersebut, turnamen digelar di Amorty Training Ground, Mal Dinoyo, Malang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)