alexametrics

Begini Cara Man City Lolos Sanksi UEFA

loading...
Begini Cara Man City Lolos Sanksi UEFA
Lepas dari banyaknya cibiran terkait lolosnya Manchester City dari sanksi UEFA, pasukan Pep Guardiola memperlihatkan hasil menjanjikan sepanjang penampilan mereka di Liga Primer. Foto/Reuters
A+ A-
MANCHESTER - Kontroversi lolosnya Manchester City (Man City) dari sanksi larangan tampil di Liga Champions rupanya belum berhenti diperbincangkan. Semakin menarik lantaran baru-baru ini terungkap beberapa fakta di balik kesuksesan The Citizens di pengadilan arbitrase olahraga (CAS).

Di dalam dokumen setebal 93 halaman yang dirilis, Selasa (28/7/2020), CAS menemukan bahwa dalam kasus kesepakatan sponsor Man City dengan Etihad. CAS mengatakan tidak ada bukti berarti yang menguatkan hipotesis bahwa pendanaan dari pemilik klub disalurkan ke Etihad secara langsung atau pembayaran dilakukan Etihad melalui pihak ketiga. (Baca: Dibantu Pemerintah, Pengusaha Besar Kini Bisa Tersenyum Lebar)

Man City memang memberi CAS semua e-mail yang menjadi dasar tuduhan UEFA yang sebelumnya menuding tim asuhan Pep Guardiola telah melakukan 'pelanggaran serius' terhadap peraturan Financial Fair Play (FFP) dengan menggelembungkan kesepakatan sponsor. UEFA menuduh Man City selalu membantah melakukan kesalahan dan sengaja menyesatkan UEFA sehingga mereka dapat memenuhi aturan FFP. (Baca:

Pihak klub justru mengatakan mereka bersikap kooperatif dan beralasan UEFA mengetahui tentang transaksi yang disengketakan karena Man City menjelaskan transaksi itu dengan sangat rinci. The Citizens juga merasa tidak perlu memenuhi setiap permintaan yang dibuat UEFA.



Mereka hanya memberikan informasi tepat dan masuk akal yang berhubungan dengan pengambilan keputusan. Dokumen tersebut juga mengungkapkan bahwa Man City meminta jasa 12 pengacara top Eropa mewakili mereka. Klub juga membawa tidak kurang dari tujuh saksi ke pengadilan.

Menariknya, temuan ini juga mengonfirmasi fakta mengejutkan bahwa sejumlah klub papan atas menulis surat kepada CAS menolak segala upaya Man City untuk tetap terhindar dari sanksi selama proses banding. Tim–tim tersebut adalah Arsenal, Burnley, Chelsea, Leicester City, Liverpool, Manchester United (MU), Newcastle United, Tottenham Hotspur, dan Wolverhampton Wanderers. (Baca juga: Divonis 12 Tahun, Najib Razak Tamat)



Berdasarkan bukti-bukti yang ada, awal bulan ini, CAS memutuskan menolak sanksi dua tahun larangan berkompetisi di Liga Champions dan hanya memberikan Man City denda yang dikurangi menjadi 9 juta poundsterling atau lebih kecil dari tuntunan sebelumnya, 26,9 juta poundsterling. Denda tersebut diberikan karena The Citizens dianggap tidak bekerja sama baik dengan UEFA.

“Panel CAS berpandangan, UEFA sama sekali tidak mengajukan dakwaan sembrono terhadap Man City. Tapi, berdasarkan bukti, panel tidak dapat mencapai kesimpulan bahwa dana terselubung dibayarkan ke Man City. Namun, kegagalan Man City bekerja sama dalam penyelidikan adalah pelanggaran berat dan harus disikapi secara serius," ungkap pernyataan CAS, dilansir BBC.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak