Timnas Inggris Jajaki Kemungkinan Pakai Jasa Pelatih Wanita

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 03:03 WIB
loading...
Timnas Inggris Jajaki Kemungkinan Pakai Jasa Pelatih Wanita
Timnas Inggris Jajaki Kemungkinan Pakai Jasa Pelatih Wanita
A A A
LONDON - Kabar menarik mengemuka dalam dunia sepak bola Inggris. Asosiasi Sepak Bola Inggris ( FA ) sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk menunjuk seorang pelatih wanita dalam mengemban peran penting sebagai pelatih Timnas Inggris, yang juga dikenal dengan sebutan The Three Lions. Sarina Wiegman menjadi salah satu kandidat kuat dalam perbincangan tersebut.

Sarina Wiegman, pelatih asal Belanda, tengah menjadi sorotan penggemar sepak bola global. Prestasinya membawa Timnas Wanita Inggris melaju hingga ke babak final Piala Dunia Wanita 2023 menjadi prestasi yang menarik perhatian.



Dalam perjalanan tersebut, Timnas Wanita Inggris berhasil mengatasi Australia dengan skor 3-1 di babak semifinal pada Rabu (16/8/2023). Kini, tim tersebut siap menghadapi Spanyol dalam laga final turnamen yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (20/8/2023).

Seperti dilaporkan oleh The Sun pada Jumat (18/8/2023), nama Sarina Wiegman juga pernah dikaitkan dengan posisi kosong pelatih Timnas Wanita Amerika Serikat. Posisi tersebut menjadi lowong setelah Vlatko Andonovski mengundurkan diri.

Meskipun demikian, Wiegman saat ini masih terikat kontrak dengan Lionesses hingga tahun 2025. Kepala Eksekutif FA, Mark Bullingham, percaya bahwa Wiegman memiliki kapabilitas untuk sukses dalam sepak bola, termasuk memimpin tim pria.

"Orang-orang sering kali mengatakan 'the best man' untuk posisi itu atau 'best Englishman'. Mengapa harus bergantung pada jenis kelamin (man)?” tegas Mark Bullingham.

"Kami percaya jawabannya adalah 'the best person' untuk pekerjaan tersebut. Kami melihat bahwa Sarina telah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Kami berharap dia bisa terus konsisten dalam hal tersebut. Jika di masa depan dia memutuskan untuk beralih ke dunia tim pria, itu akan menjadi perkembangan yang sangat menarik," lanjutnya.

FA akan secara cermat mempertimbangkan kemungkinan menunjuk Sarina Wiegman, pelatih Lionesses, sebagai calon pengganti Gareth Southgate. Pihak FA berencana untuk memulai pencarian pelatih tim pria baru setelah Piala Eropa 2024 atau saat berakhirnya kontrak Southgate.

Kinerja yang mengesankan oleh Wiegman dalam membawa Timnas Inggris mencapai final Piala Dunia Wanita 2023 telah meyakinkan para petinggi FA tentang kelayakan dan potensi Wiegman sebagai sosok yang tepat dalam peran pelatih. Tentu menarik untuk menyaksikan apakah Sarina Wiegman akhirnya akan menjadi pelatih Timnas Inggris dalam waktu yang akan datang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)