Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023, Berharap Keajaiban!

Minggu, 20 Agustus 2023 - 10:21 WIB
loading...
Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023, Berharap Keajaiban!
Timnas Indonesia U-23 dihadapkan dengan situasi yang sangat sulit di Piala AFF U-23 2023 / Foto: PSSI
A A A
RAYONG - Timnas Indonesia U-23 dihadapkan dengan situasi yang sangat sulit di Piala AFF U-23 2023 . Betapa tidak, Skuad Garuda Muda harus punya skenario untuk lolos ke semifinal.

Berbicara mengenai peluang Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 terbilang cukup berat. Pasalnya, pada laga perdana penyisihan Grup B, pasukan Shin Tae-yong menelan kekalahan 1-2 dari Malaysia.

Alhasil, satu-satunya harapan Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal adalah memenangkan laga terakhir penyisihan Grup B melawan Timor Leste di Stadion Rayong Province, Minggu (20/8/2023). Bukan hanya tiga poin saja yang harus direbut Ramadhan Sananta dkk.



Timnas Indonesia U-23 juga wajib menang besar di laga terakhir tersebut. Pasalnya, saat ini Skuad Garuda Muda berada di posisi ketiga dalam daftar tim runner up terbaik di fase grup.

Timnas Indonesia U-23 harus berjuang melawan Filipina dan Kamboja, yang sama-sama menempati grup runner up terbaik. Lantas, seperti apa skenario agar Skuad Garuda Muda bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023?

Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-23 Lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023:

1. Grup Peringkat Kedua Terbaik

Timnas Indonesia U-23 saat ini berada di posisi kedua fase Grup B dengan nilai nirpoin alias belum mengumpulkan poin. Pada laga terakhir, skuad Garuda Muda harus menang besar demi menjaga peluang lolos ke semifinal.

Saat ini Timnas Indonesia U-23 berada dalam daftar tim runner up terbaik di fase grup bersama Filipina dan Kamboja. Posisi anak asuh Shin Tae-yong tentunya sangat sulit.

Mengacu pada tabel peringkat kedua terbaik, saat ini Filipina dan Kamboja menempati urutan pertama serta kedua dalam daftar peringkat kedua terbaik dengan nilai satu poin.

Sementara hasil melawan tim urutan keempat di Grup A tidak akan dipertimbangkan untuk peringkat ini. Yang perlu digarisbawahi adalah hanya runner terbaik dari grup ini (tim peringkat kedua) yang lolos ke semifinal.

Jika mengacu dari data tersebut Timnas Indonesia U-23 masih memiliki harapan untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Asalkan, Garuda Muda mampu menang dengan selisih gol yang besar melawan Timor Leste.

2. Berharap Keajaiban

Timnas Indonesia U-23 hanya butuh keajaiban agar Timor Leste bisa mengalahkan Malaysia pada laga terakhir fase Grup B. Jika skenario itu benar-benar terjadi, dan Skuad Garuda Muda menang melawan Timor Leste dengan selisih gol yang besar, maka situasinya akan menarik.

Pasalnya, poin ketiga tim bakal sama, yakni tiga. Nantinya aturan yang bakal diterapkan untuk menentukan juara grup dengan menggunakan aturan klasifikasi, yakni poin, head-to-head, selisih gol, gol yang dicetak, adu penalti, poin kedisiplinan dan penarikan undian.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2499 seconds (0.1#10.140)