13.600 Pelari Ramaikan Maybank Marathon 2023 di Bali

Selasa, 22 Agustus 2023 - 23:40 WIB
loading...
13.600 Pelari Ramaikan Maybank Marathon 2023 di Bali
Sebanyak 13.600 peserta bakal mengikuti Maybank Marathon 2023 di Bali Safari & Marine Park pada 27 Agustus mendatang / Foto: Dok Maybank Marathon
A A A
JAKARTA - Sebanyak 13.600 peserta bakal mengikuti Maybank Marathon 2023 di Bali Safari & Marine Park pada 27 Agustus mendatang. Jumlah peserta yang mengikuti event 'Elite' Label road race pertama dan satu-satunya di Indonesia meningkat 37 persen dibanding tahun lalu.

Peningkatan ini berbanding lurus dengan bergairahnya kembali mobilisasi masyarakat di masa endemi. Kewarganegaraan peserta didominasi dari Indonesia, disusul dari Malaysia, Jepang, Singapura, Australia, Inggris, dan negara lainnya.

Mereka terdaftar di tiga kategori, yakni Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km) dan 10K. Selain itu, Maybank Marathon 2023 juga akan melombakan kategori children sprint dan kategori wheelchair seperti pada tahun-tahun sebelumnya.


"Kami menyambut positif antusiasme para peserta lari di Maybank Marathon 2023, dan sangat terkesan dengan peningkatan jumlah peserta pada semua kategori tahun ini. Peningkatan ini bahkan yang tertinggi sepanjang penyelenggaraan Maybank Marathon sejak pertama kali diselenggarakan pada 2012," ujar Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, dalam keterangan resmi, Selasa (22/8/2023).

"Di lain sisi, peningkatan jumlah peserta ini juga mencerminkan respons masyarakat yang semakin positif terhadap olahraga atletik, khususnya marathon, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olah raga lari," tambahnya.

Lebih lanjut, Taswin menegaskan, Maybank Marathon terus berevolusi hingga menjadi bagian dari jaringan 'Elite' label road race oleh World Athletics. Ajang ini praktis dapat diikuti oleh pegiat lari maupun masyarakat dengan kesiapan fisik prima untuk mencetak personal best atau menjadi wadah untuk merealisasikan aspirasi dalam mencapai jenjang lebih tinggi.


Sediakan Hadiah Rp2,7 Miliar untuk 86 Pemenang

Terlebih lagi, total hadiah yang disediakan untuk Maybank Marathon 2023 mencapai lebih dari Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor. Jelang diselenggarakannya Maybank Marathon 2023, tim panitia telah melakukan serangkaian persiapan, di antaranya mengundang atlet lari elite internasional sebagai salah satu syarat yang ditetapkan World Athletics terhadap ajang 'Elite' label.

Sesuai rencana, Maybank Marathon 2023 akan melibatkan 12 atlet elite internasional. Selain itu, panitia juga telah melakukan inspeksi terhadap seluruh rute lintasan dan berkoordinasi dengan Pemerintah serta aparat keamanan Provinsi Bali.

"Faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta lari adalah prioritas kami di setiap penyelenggaraan Maybank Marathon. Sejak penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 diumumkan pada Januari lalu, panitia telah melakukan serangkaian persiapan," kata Project Director Maybank Marathon, Widya Permana.

"Itu meliputi pengecekan rute lari agar tetap dalam kondisi prima dan memenuhi standar serta sertifikasi yang ditetapkan World Athletics, serta aspek pendukung lainnya guna memastikan penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 dapat berlangsung dengan aman dan nyaman bagi seluruh peserta,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3382 seconds (0.1#10.140)