Prediksi Seri I WSBK 2017 Phillip Island Australia 24-26 Februari

Kamis, 23 Februari 2017 - 14:06 WIB
Prediksi Seri I WSBK 2017 Phillip Island Australia 24-26 Februari
Prediksi Seri I WSBK 2017 Phillip Island Australia 24-26 Februari
A A A
PHILLIP ISLAND - Sirkuit Phillip Island di Australia, lagi-lagi dapat kehormatan sebagai seri pembuka klasik pada Kejuaraan Dunia Superbike (WBSK) 2017. Para pembalap sudah mulai memanaskan tensi dalam tes pramusim terakhir awal pekan ini di sana.

Setelah tes pramusim tuntas pada Selasa (21/2). Para pembalap tampak mengikuti sesi jumpa pers pada Kamis (23/2). Mereka memanaskan persaingan lewat kata-kata terlebih dulu, sebelum turun lagi ke lintasan pada sesi latihan bebas pertama (FP1), Jumat (24/2) pagi.

Seperti dilaporkan berbagai media, para pembalap amat bersemangat jelang lomba seri pembuka musim ini. Dan masing-masing dari mereka bertekad menempati posisi pertama dalam dua race yang dilombakan, yakni race 1 pada Sabtu (25/1) jelang siang WIB dan race 2 pada Minggu (26/1) jelang siang WIB.

Mengapa seluruh pembalap peserta berlomba-lomba untuk menang di Australia? Perlu diketahui, Sirkuit Phillip Island merupakan trek yang paling banyak melombakan WSBK ketimbang lintasan lain yang ada dalam kalender musim ini. Total, sudah 51 lomba berlangsung di Phillip Island sejak pertama kalinya mereka masuk kalender WSBK pada 1990.

Untuk pembalap lokal, telah mencatat 23 kemenangan di trek ini pada ajang WSBK. Tapi, kemenangan terakhir jagoan setempat sudah terjadi lama sekali, yakni sejak Troy Bayliss dengan Ducatinya finis terdepan pada 2008.

Sejak itu, ada tujuh pembalap dari negara berbeda yang sanggup menaklukkan lintasan Phillip Island di WSBK. Dengan Jonathan Rea bersama Kawasaki ZX10-R memenangkan tiga dari empat race terakhir di sana.

Seri Australia mungkin hanya akan jadi putaran pertama WSBK musim ini, dan semua pembalap ingin memulainya dengan kaki kanan. Namun di sini, ada fakta menarik yang boleh diyakini sebagai takhayul.

Karena sepanjang sejarah WSBK di Phillip Island, tercatat 16 pemenang dari 29 lomba pembuka di sana, melanjutkan untuk mengangkat trofi juara dunia di akhir musim.

Jhonny Rea sukses melakukannya tahun lalu dan juga pada 2015. Apakah dia bakal melanjutkan tradisi bagusnya di sana untuk mempertahankan gelar pada 2017?

Kali ini Rea mesti hati-hati dengan Eugene Laverty (Milwaukee Aprilia) yang pernah menang dua kali di sana dengan Suzuki (2014) dan Aprilia (2013). Atau Marco Melandri (Aruba.it-Ducati) yang meraup 4 finis podium dengan Yamaha, BMW dan Aprilia.

Tapi sebaiknya jangan lupakan rekan setim Melandri, Chaz Davies yang musim lalu mencatat lap tercepat di WSBK Phillip Island. Atau rekan setim Rea, Tom Sykes. Belum lagi dua pembalap Honda (Hayden-Bradl) hingga duo Yamaha (Lowes-van der Mark). So, pembalap mana yang Anda jagokan menang pada dua lomba di Australia pada Sabtu-Minggu yang jadi penanda dimulainya aturan start baru untuk race 2?
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4568 seconds (0.1#10.140)