Kapan Floyd Mayweather Jr Debut dan Pensiun dari Tinju Profesional?

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 02:03 WIB
loading...
Kapan Floyd Mayweather Jr Debut dan Pensiun dari Tinju Profesional?
Floyd Mayweather Jr merupakan salah satu legenda tinju dengan rekor tak terkalahkan sepanjang karier profesionalnya. / Foto: Instagram @floydmayweather
A A A
JAKARTA - Floyd Mayweather Jr merupakan salah satu legenda tinju dengan rekor tak terkalahkan sepanjang karier profesionalnya. Saat ini mantan juara lima divisi itu aktif sebagai promotor tinju di Amerika Serikat.

Dalam riwayat kariernya, Mayweather Jr telah memenangkan 15 gelar dunia utama dari kelas super bulu hingga kelas menengah junior/kelas welter super. Dia juga dianggap sebagai salah satu petinju terbaik sepanjang masa dalam kategori pound-for-pound.

Meski memiliki prestasi yang gemilang dalam profesinya sebagai seorang petinju, banyak yang tidak mengetahui kapan debut dan berakhirnya karier dari sang legenda . Dan, berikut ulasan yang telah dirangkum SINDOnews.



Karier Tinju Floyd Mayweather


Mayweather Jr diketahui lahir pada 24 Februari 1977 di Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat. Ayahnya, Floyd Mayweather Sr, juga pernah berkiprah sebagai petinju yang tamat di kelas menengah.

Sebelum terjun ke tinju profesional, Mayweather Jr memiliki rekor amatir 84-8 dan memenangkan tiga kejuaraan Golden Gloves nasional di tahun 1993, 1994, dan 1996. Dia juga meraih medali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996.

Mayweather Jr melakoni debut tinju profesionalnya pada 11 Oktober 1996 dengan mengalahkan petinju Meksiko, Roberto Apodaca secara TKO di ronde kedua. Dua tahun kemudian, dia merebut gelar juara dunia kelas bulu super WBC setelah menang TKO atas Genaro Hernandez pada ronde kedelapan.

Selama kariernya, Mayweather Jr berhasil memenangkan enam gelar dunia di lima divisi berbeda, yakni kelas bulu super, kelas ringan super, kelas welter junior, kelas welter, dan kelas menengah. Dia juga dinobatkan sebagai petinju terbaik 1998 dan 2007 oleh majalah Ring.

Mayweather Jr pensiun secara profesional pada 2015, setelah mengalahkan Andre Berto dan mencatatkan rekor sempurna 49-0 (26KO). Dua tahun kemudian, tepatnya 26 Agustus 2017, petinju berjuluk The Money ini kembali naik ring untuk melawan bintang UFC, Conor McGregor. Dia pun sukses mencetak kemenangan TKO di ronde ke-10. Rekornya pun bertambah menjadi 50-0 (27KO)

Setelah itu, Mayweather Jr hanya menggelar beberapa pertandingan ekshibisi, seperti melawan bintang YouTube Logan Paul pada Juni 2021. Namun dia gagal memukul KO Paul, dan menyatakan bahwa dia tidak berencana untuk bertarung lagi secara profesional.

Mayweather Jr sendiri dikenal sebagai petinju yang memiliki gaya bertarung defensif dan kontra serangan. Dia sering menggunakan teknik 'shoulder roll' untuk menghindari dan memblokir pukulan lawan dengan bahu kirinya.



Di samping tinju, Mayweather Jr juga pernah terlibat dalam olahraga gulat profesional. Dia muncul di acara WWE's No Way Out pada 2008, dan menantang Big Show untuk pertandingan tanpa diskualifikasi di WrestleMania XXIV. Dia berhasil mengalahkan Big Show dengan bantuan Rey Mysterio dan beberapa pukulan ke arah wajah Big Show.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)