Ketua ISSI Jabar Optimistis Balap Sepeda Jawa Barat Kembali Bangkit

Selasa, 29 Agustus 2023 - 07:58 WIB
loading...
Ketua ISSI Jabar Optimistis Balap Sepeda Jawa Barat Kembali Bangkit
Ketua ISSI Jabar Optimistis Balap Sepeda Jawa Barat Kembali Bangkit
A A A
BEKASI - Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia ( ISSI ) Jawa Barat, Iman Firmansyah, mengungkapkan apresiasi terhadap pencapaian atlet sepeda Jabar pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON XXI) dan Kejuaraan Nasional ICF 2023 yang diadakan di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Meskipun persiapan yang ketat, atlet-atlet sepeda Jabar berhasil meraih prestasi optimal.

Iman mengungkapkan bahwa prestasi yang diraih oleh atlet sepeda Jabar pada BK PON XXI sangat membanggakan, dengan perolehan poin tertinggi di beberapa kategori. Salah satu pencapaian tersebut adalah dalam nomor MTB XCR, dengan kontribusi dari M Rafly (Purwakarta), M Rio Maulana (Pangandaran), dan Novia Dwi (Pangandaran). Pada nomor downhill putra, Azhar Salman (Sumedang) berhasil meraih Medali Emas. Tim sepeda Jabar juga berhasil meraih prestasi di nomor Road Bike dengan dua medali perunggu. Selain itu, tim BMX racing juga berhasil meraih hasil yang cukup baik, memungkinkan mereka untuk tampil di 16 nomor dalam PON 2024 mendatang.

"Hasil dari BK PON dan Kejuaraan ICF ini memberikan optimisme tentang potensi yang besar dari atlet-atlet Jabar. Dukungan dari pelatih yang berkualitas dan semangat juang para atlet sangat luar biasa. Kami mampu bersaing dengan Jawa Timur yang saat ini mencatatkan prestasi yang bagus. Bagi saya, pencapaian ini sungguh luar biasa," kata Iman pada Senin (28/8/2023).


Ketua ISSI Jabar Optimistis Balap Sepeda Jawa Barat Kembali Bangkit

Iman sendiri turut hadir dan memberikan motivasi kepada para atlet Jabar selama Kualifikasi PON XXI dan Kejuaraan ICF 2023 di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, pekan lalu. Ia mengakui bahwa dalam beberapa tahun terakhir, prestasi balap sepeda Jabar sempat tertinggal dibandingkan dengan daerah lain. "Dengan hasil ini, muncul harapan baru bahwa prestasi balap sepeda Jabar dapat kembali bangkit," tambah Iman.

Iman menjelaskan bahwa tim balap sepeda Jabar memiliki kombinasi atlet usia dini dan elite. Perolehan medali di berbagai kategori sangat membanggakan, dengan total tujuh medali emas, delapan medali perak, dan tujuh medali perunggu. Pada nomor Road Bike putri, medali emas diraih oleh atlet Ayu (Kota Bandung) pada nomor Women Elite, serta atlet Shaskya (Kabupaten Bogor) pada nomor Women Junior. Medali perak diraih dalam nomor Women U-23 oleh Putri (Kabupaten Bogor).
Ketua ISSI Jabar Optimistis Balap Sepeda Jawa Barat Kembali Bangkit

Prestasi yang mengejutkan datang dari tim MTB Cross Country Jabar, di mana atlet pendatang baru M Dankin (Karawang) berhasil meraih medali emas dalam nomor Men Youth, diikuti oleh Andika Saputra (Kota Bogor) yang juga meraih medali emas pada nomor yang sama. Surya Mukti Hidayat (Kabupaten Bogor) berhasil meraih medali perak pada nomor Men Junior, sedangkan Qorie M Herdiansyah (Sumedang) meraih medali perunggu pada nomor Men Elite. Pada nomor Women Elite XCO, Selvi Octavia Sari (Pangandaran) berhasil meraih medali perunggu, sementara Pegi Maulidia (Kabupaten Sukabumi) meraih medali perunggu pada nomor Women Junior.

Prestasi juga diraih dalam nomor bergengsi Kejuaraan Nasional BMX Racing 2023, di mana seluruh nomor kategori putra-putri Jabar berhasil masuk ke babak Final. Yosi Saputro (Ciamis) meraih medali emas pada nomor Men Elite U-23, sementara Nadiaya Aulia Z (Kabupaten Tasikmalaya) juga meraih medali emas. Rio Akbar (Sumedang) menjadi yang terbaik pada nomor Men Elite dengan meraih medali emas berkat poin tertinggi. Di nomor CB 11-12, Dhafi Al Fakhri (Kota Bandung) berhasil meraih medali perak, sementara Karisya Milda pada nomor CG 15-16 meraih medali perak.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)