Bintang Latvia Sesalkan Kekalahan dari Kanada di Laga Penutup Grup H

Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:09 WIB
loading...
Bintang Latvia Sesalkan Kekalahan dari Kanada di Laga Penutup Grup H
Timnas basket Latvia tampil luar biasa pada awal permainan melawan Kanada di laga terakhir Grup H FIBA World Cup 2023. / Foto:
A A A
JAKARTA - Tim basket Kanada merajai Grup H FIBA World Cup 2023 dengan sempurna. Selain itu, mereka juga mengukuhkan status sebagai salah satu kandidat juara. Kepastian itu didapat Kanada usai menumbangkan tim kejutan Latvia 101-75 pada laga terakhir grup di Indonesia Arena, Jakarta, Selasa malam, 29 Agustus 2023.

Latvia sebenarnya tampil luar biasa di paruh permainan. Mereka mampu unggul 23-13 atas Kanada di kuarter pertama walaupun kemudian sang lawan bisa berbalik unggul 43-42 di akhir kuarter kedua.

Sayangnya, performa Latvia menurun drastis di paruh kedua. Mereka banyak membuang peluang dan pertahanan mereka mudah ditembus Kanada.



Alhasil, Kanada dengan mudah unggul 67-57 di akhir kuarter ketiga. Lalu mereka semakin menjauh di kuarter terakhir dan akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 101-75.

Pemain Latvia, Rodions Kurucs sangat menyayangkan timnya gagal meraih kemenangan. Menurutnya, Latvia tak mampu mengimbangi permainan agresif yang dilakukan Kanada.

"Pertandingan yang berat. Paruh pertama cukup bagus, tapi paruh kedua kami kemudian mulai ceroboh. Seperti kami perkirakan, mereka mulai agresif dan kami tidak bisa merespons pada awalnya. Kami kemudian bisa menemukan jalan, tapi sayangnya kami tidak bisa menuntaskan pekerjaan kami pada kuarter akhir," tutur Kurucs dalam konferensi pers pasca permainan, Selasa, 29 Agustus 2023.

Pelatih Latvia, Luca Banchi memberikan selamat kepada Kanada yang bermain solid. Dia juga memuji akurasi tembakan lawannya, terutama dari tembakan tiga angka. Kendati demikian, dia bangga dengan permainan timnya.

"Pendekatan kami terhadap game tadi dalam hal fokus, energi, dan hasrat untuk memaksakan gaya bola basket kami impresif," kata Banchi.

Namun kemudian, timnya kesulitan mengimbangi kekuatan fisik Kanada serta skill individu para pemainnya. Menurutnya, normal timnya kemudian kehilangan kekuatan untuk mengimbangi intensitas permainan Kanada.

Secara keseluruhan, dia menilai timnya sudah menunjukkan kepada pendukung mereka bahwa mereka datang ke Jakarta untuk benar-benar bertarung di Piala Dunia Basket. "Saya ingin menggarisbawahi penampilan unggul lawan kami, tapi Latvia malam juga pantas mendapatkan applaus dari fans kami," ucap pelatih asal Italia itu.



Ini merupakan kemenangan ketiga Kanada setelah sebelumnya membungkam Prancis dan Lebanon. Sedangkan bagi Latvia, ini menjadi kekalahan pertama di Grup H. Walau kalah, Latvia tetap mendampingi Kanada sebagai wakil Grup H pada babak kedua grup (Grup L).
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3001 seconds (0.1#10.140)